U19 banner dropdown

Delapan Fakta Seputar Windows 8

Dibaca:
Komentar :
microsoft

Screenshot Windows.co.id

 

KOMPAS.com - Jumat (26/10/2012) Microsoft meresmikan peluncuran Windows 8 di seluruh dunia. Sistem operasi ini mengusung sejumlah perubahan dibanding para pendahulunya, mulai dari tampilan antar muka, cara kerja aplikasi, hingga cara upgrade dan instalasi yang baru.

Nah, untuk mereka yang masih belum familiar dengan Windows 8, rangkaian fakta berikut ini dapat membantu untuk mengenali sistem operasi tersebut dengan lebih baik.

1. Ketersediaan

Windows 8 sudah bisa di-download dari situs resmi MIcrosoft mulai tanggal 26 Oktober 2012. Selain cara online ini, tersedia paket instalasi Windows 8 dalam kepingan DVD tradisional.

2. Harga

Upgrade online Windows 8 tersedia bagi pengguna Windows XP, Vista dan 7. Untuk pengguna yang membeli sistem operasi atau komputer dengan salah satu dari ketiga sistem operasi tersebut sebelum 2 Juni 2012, upgrade online Windows 8 dihargai 40 dollar AS.

Untuk pengguna yang membeli sistem operasi atau komputer dengan salah satu dari ketiga sistem operasi tersebut antara tanggal 2 Juni 2012 hingga 31 Januari 2013, disediakan diskon upgrade sehingga cukup membayar 14.99 dollar AS saja.

Adapun versi Windows 8 dalam bentuk kepingan DVD dijual 70 dollar AS.

3. Perbedaan antar versi Windows 8


Windows 8: Adalah versi paling dasar yang menyasar kalangan pengguna biasa. Fitur-fiturnya termasuk tampilan Start Screen baru, aplikasi-aplikasi utama seperti Mail, Music, Calendar, Internet Explorer 10, Windows Store, dan desktop.

Windows 8 Pro: Versi ini memiliki semua fitur Windows 8 standar ditambah sejumlah fungsi lain yang berguna untuk power user seperti BitLocker, client hyper-v, domain join, enkripsi file sistem, dukungan group policy, dan remote desktop hosting.

Windows RT: Ini adalah versi Windows 8 yang digunakan di perangkat-perangkat tablet berbasis ARM. Tidak seperti dua versi lainnya, Windows RT tak bisa menjalankan aplikasi-aplikasi yang didesain untuk komputer desktop (x86/ 64). Ia hanya akan menjalankan aplikasi yang diperoleh dari Windows Store saja.

4. Kebutuhan Hardware

Untuk bisa menjalankan Windows 8, sebuah komputer harus memiliki setidaknya:

  • Prosesor berkecepatan 1 GHz atau lebih kencang
  • RAM sebesar 1 GB untuk versi 32-bit atau 2 GB untuk versi 64-bit
  • Ruang hard disk kosong sebesar 16 GB untujk versi 32-bit atau 20 GB untuk versi 64-bit
  • Pemroses grafis yang kompatibel dengan DirectX 9


Untuk menjalankan aplikasi yang diperoleh dari Windows Store, pengguna harus memiliki monitor dengan resolusi 1024x768 atau lebih. Resolusi minimal sebesar 1366x768 diperlukan untuk menjalankan fungsi "snap" sehingga aplikasi-aplikasi dari Windows Store lebih mudah diorganisasi.

5. Interaksi dengan Antar Muka Baru


Salah satu perubahan terbesar dalam WIndows 8 adalah dihilangkannya tombol "Start" dari desktop. Sebagai gantinya, Microsoft menyediakan layar "Start Screen" berisi daftar aplikasi-aplikasi yang terpasang di komputer, yang disusun dalam pola kotak-kotak dengan thumbnail (tiles).

Secara umum, interface baru pada Windows 8 lebih cocok dengan notebook dibanding desktop karena touchpad pada notebook menyediakan pilihan input touch gesture -- mirip pada perangkat tablet -- yang bekerja lebih baik pada interface Windows 8 dibandingkan mouse.

Akan tetapi, dengan sedikit penyesuaian, pengguna juga bisa menggunakan mouse untuk bernavigasi dalam Windows 8 tanpa masalah.

6. Toko Aplikasi Windows Store


Dalam Windows 8, pengguna dapat menemukan icon toko aplikasi Windows Store yang mirip dengan Apple App Store pada Mac OS. Dari sini, pengguna bisa men-download aplikasi yang didesain khusus untuk Windows 8.

Pengguna Windows 8 dan Windows 8 Pro bisa menjalankan aplikasi Windows --termasuk aplikasi-aplikasi lama yang didesain untuk windows 7-- dari desktop seperti pada sistem operasi sebelumnya.

7. Sambungan Cloud

Berbeda dari para pendahulunya, Windows 8 dirancang untuk cloud/ Sistem operasi ini menyediakan aplikasi SkyDrive, yaitu layanan cloud storage milik Microsoft secara built-in. SkyDrive juga akan hadir di Microsoft Office terbaru dan akan menjadi tempat penyimpanan default untuk dokumen sehingga pengguna bisa mengaksesnya dari semua jenis perangkat.

8. Perbedaan -dan kesamaan- Windows 8 dan Windows Phone 8

WIndows 8 dan WIndows Phone 8 memiliki beberapa kesamaan dalam hal kernel yang digunakan sehingga aplikasi yang dibuat untuk Windows 8 nantinya juga akan bisa berjalan di Windows Phone 8.

Untuk saat ini hal itu belum terjadi dan kedua sistem operasi masih berdiri terpisah, tetapi Bill Gates, pendiri Microsoft, mengatakan bahwa Windows 8 dan Windows Phone 8 sedang berevolusi menjadi satu platform tunggal.

 

TERBARU
Software
Kamis, 2 Oktober 2014 09.04 WIB
Aplikasi Indonesia Semakin Relevan
Software
e-Business
Kamis, 2 Oktober 2014 07.32 WIB
Soal Iklan di Ponsel, ATSI Terbuka untuk Diskusi
Gadget
Software
TERPOPULER
Jumat, 26 September 2014 15.00 WIB
Protes RUU Pilkada, "Netizen" Jadikan SBY Foto Guyonan
Selasa, 30 September 2014 11.22 WIB
Penjelasan Twitter soal Hilangnya "ShameOnYouSBY"
Kamis, 25 September 2014 09.49 WIB
Yuk, Ikut Petisi Cegah Internet Indonesia Mati Total
Jumat, 26 September 2014 11.47 WIB
#ShameOnYouSBY Jadi "Trending Topic" Dunia
Minggu, 28 September 2014 12.48 WIB
Benarkah Twitter Blokir #ShameOnYouSBY?
Selasa, 30 September 2014 13.36 WIB
Mulai Hari Ini, Tifatul Bukan Lagi Menkominfo
Jumat, 26 September 2014 16.52 WIB
"Samsung Sudah Punya 'iPhone 6' Setahun Lalu"
Jumat, 26 September 2014 08.33 WIB
Ini Tanggapan Apple Tentang iPhone Melengkung
Rabu, 1 Oktober 2014 06.31 WIB
Bukan Windows 9, Microsoft Resmikan Windows 10