Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratusan Resep Masakan Daerah Coba Didigitalkan

Kompas.com - 22/08/2013, 20:27 WIB
Aditya Panji

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia ke-68 tahun, jejaring sosial untuk pehobi masak, DapurMasak.com, menyelenggarakan program dokumentasi resep masakan nusantara.

Program ini berlangsung dari 16 Agustus sampai 16 September 2013. DapurMasak.com menyediakan hadiah berupa cook badge bagi pengguna yang mengikuti program resep masakan nusantara ini.

Pendiri DapurMasak.com, Soegianto, menargetkan ada 200 resep masakan daerah yang terkumpul. "Indonesia bukan hanya mengenai rendang saja, berbicara mengenai soto, hampir setiap daerah di Indonesia memiliki Soto dengan ciri khas masing-masing, mulai dari soto Betawi, soto Bogor, soto Solo, Soto Kudus dan masih banyak lagi," ujarnya.

DapurMasak.com merupakan jejaring sosial untuk berbagi resep dan pengalaman memasak. Soegianto mengatakan, ide sederhana DapurMasak.com adalah menyebarkan kesenangan memasak dan menantang pengguna untuk memasak kembali resep dari pengguna lain (recook) dengan caranya sendiri.

Setelah memenangkan kompetisi perusahaan rintisan (startup) digital Sparxup 2012, DapurMasak.com mengalami pertumbuhan signifikan. Dalam 6 bulan terakhir, trafik resep yang dipublikasi pengguna dan resep yang dimasak kembali oleh pengguna lain, naik sebanyak 300 persen.

Saat ini, lanjut Soegianto, DapurMasak.com memiliki jumlah pengguna terdaftar sebanyak 40 ribu, yang didominasi oleh pengguna dengan rentang usia 24-35 tahun. Pertumbuhan pengunjung per bulan saat ini mencapai ratusan ribu pengunjung per bulan, atau tumbuh 480 persen dalam 6 bulan terakhir.

"Puncak kenaikan pengunjung terjadi waktu bulan puasa, saat kita buat event recook 10 resep untuk berbuka puasa," ungkap Soegianto kepada KompasTekno, Rabu (21/8/2013).

Pengguna DapurMasak.com kini dapat mengakses buku masak online melalui komputer pribadi ataupun perangkat mobile. Bahkan, sekarang melalui browser smartphone, setiap pengguna sudah dapat mempublikasi resep  atau memasak kembali di buku resep online mereka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com