Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BlackBerry Mungkin Jual Beberapa Unit Bisnis

Kompas.com - 31/08/2013, 12:26 WIB
Aditya Panji

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bert Nordberg, seorang anggota komite khusus yang sedang membahas langkah strategis untuk menentukan masa depan BlackBerry, mengatakan perusahaan itu dapat bertahan sebagai pembuat ponsel pintar. Tetapi, BlackBerry harus menjual beberapa unit bisnis.

Seperti dikutip dari The Wall Street Journal, Nordberg mengatakan bahwa langkah itu belum sepenuhnya bulat, dan belum menentukan unit bisnis apa yang akan dijual. Komite khusus masih terbuka atas kemungkinan menjalin kemitraan atau menjual perusahaan.

Jika BlackBerry memilih untuk menjadi pemain kecil dalam persaingan pasar ponsel pintar global, Nordberg memprediksi perusahaan itu akan mengalami kesulitan.

Pertengahan Agustus lalu, dewan direksi membentuk komite khusus yang akan membahas pilihan terbaik untuk meningkatkan nilai dan skala perusahaan. Pembahasan ini diharap bisa jadi solusi untuk mengatasi kinerja perusahaan yang terus turun.

Ada empat kemungkinan yang akan diambil komite khusus. Pertama, tidak melakukan langkah strategis apa pun dan melanjutkan rencana awal; kedua, melakukan strategic line yang mungkin bisa bekerja sama dengan perusahaan lain dalam hal lisensi paten dan aplikasi; ketiga, membentuk perusahaan patungan; dan yang keempat adalah menjual perusahaan.

Beberapa hari lalu The Wall Street Journal juga mengabarkan, BlackBerry sedang mempertimbangkan untuk memisahkan layanan BlackBerry Messenger (BBM) menjadi anak perusahaan yang beroperasi secara independen.

Rencananya, anak perusahaan ini akan diberi nama BBM Inc, yang akan jadi salah satu aset bernilai tinggi. Dan tak menutup kemungkinan, BBM Inc akan bersaing dengan layanan pesan instan lain seperti WhatsApp, Line, KakaoTalk sampai WeChat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com