Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Telkomsel: Windows Phone Dahsyat, BlackBerry Masih Kuat

Kompas.com - 09/10/2013, 10:17 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Nokia Lumia 625

JAKARTA, KOMPAS.com - Geliat Windows Phone mulai terlihat di antara serbuan gadget mobile masa kini. Telkomsel, operator terbesar Tanah Air dengan 125 juta pelanggan, mencatat bahwa platform tersebut mengalami pertumbuhan paling besar dibanding pilihan-pilihan populer lainnya.

"Angka pertumbuhan pelanggan Telkomsel yang memakai Windows Phone  mencapai 137 persen sepanjang Januari hingga Agustus 2013.  Dari segi jumlah 125 ribu, " jelas Division Head Device Bundling and Customization Strategy Arief Pradetya ketika ditemui usai acara peluncuran Nokia Lumia 625 di Jakarta, Selasa (8/10/2013).

Menurut Arief, tingginya angka pertumbuhan itu didorong oleh perangkat Lumia 520 yang mulai di-bundling dengan kartu Telkomsel pada Mei lalu. "Dengan harga kisaran Rp 1,8 juta, Lumia 520 merupakan handset Windows Phone paling terjangkau," imbuhnya.

Dengan kedatangan perangkat Windows Phone baru, yakni Lumia 625, Arief merasa optimis pihaknya dapat mendongkrak jumlah pelanggan Windows Phone Telkomsel lebih jauh. "Targetnya 200.000 pelanggan pada akhir tahun. Seharusnya bisa, mereka (Nokia) sangat mengandalkan Lumia 625 setelah mengawali Lumia 520 di Telkomsel," paparnya.

Lumia 625 adalah ponsel Windows Phone 8 penerus model sebelumnya, Lumia 620. Smartphone yang dijadwalkan mulai tersedia Oktober mendatang ini dilengkapi layar 4,7 inci dan dibanderol seharga Rp 3 juta.

BlackBerry masih kuat

Dari 125 juta pelanggan Telkomsel, 16 persen di antaranya disebut Arief merupakan pengguna smartphone. Di antara pengguna smartphone Telkomsel ini, platform BlackBerry masih yang paling dominan dengan jumlah pelanggan mencapai kisaran 8 juta.

"Jadi, jangan salah, di tengah semua pemberitaan negatif, angka pelanggan BlackBerry masih tercatat naik meski tak setinggi dulu," ucap Arief tanpa merinci berapa persisnya angka pertumbuhan platform itu. "Yang jelas dua digit," lanjut dia.

Dari segi pertumbuhan pelanggan Telkomsel, Arief mengatakan bahwa BlackBerry masih menduduki posisi tiga besar, di belakang Windows Phone dan Android. Platform yang lambat laun tergerus oleh persaingan di dunia mobile ini pun disebutnya masih menjadi salah satu penyumbang ARPU (average revenue per user) terbesar setelah iPhone.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com