Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SSD MacBook Air Bermasalah, Apple Janji Ganti Baru

Kompas.com - 21/10/2013, 10:16 WIB
Aditya Panji

Penulis

KOMPAS.com - Jika Anda membeli komputer jinjing Apple MacBook Air produksi tahun 2012, Anda patut khawatir karena bisa jadi komponen media penyimpanan datanya bermasalah.

Dalam sebuah pengumuman di situs web resminya, Apple mengatakan bahwa ada masalah terhadap media penyimpanan data Solid State Drive (SSD) kapasitas 64 GB dan 128 GB pada MacBook Air ukuran 11 inci dan 13 inci yang dijual antara Juni 2012 dan Juni 2013.

Tidak semua SSD pada MacBook Air produksi 2012 adalah produk gagal. Apple menegaskan, hanya SSD tertentu saja yang mengalami masalah. Dan untungnya, Apple bersedia mengganti komponen SSD secara gratis jika ditemukan masalah.

Untuk mengetahui apakah SSD pada MacBook Air bermasalah atau tidak, Apple telah merilis update firmware. Anda bisa membuka menu Update di perangkat lunak Mac App Store, dan pilihlah MacBook Air Flash Storage Firmware Update 1.1 untuk memeriksa masalah tersebut.

Sebelum memutuskan untuk melakukan update, ada baiknya Anda melakukan back-up dokumen penting yang tersimpan di MacBook Air. Karena, jika SSD Anda bermasalah, tak menutup kemungkinan dokumen dan data penting Anda akan terhapus.

Bagaimana mengetahui sebuah SSD yang bermasalah? Saat melakukan upgrade firmware dan ternyata Anda diarahkan ke halaman pengumuman berjudul "MacBook Air Flash Storage Drive Replacement Program," ini berarti SSD Anda bermasalah. Jika kasusnya demikian, Anda tidak dianjurkan memperbarui sistem operasi ataupun aplikasi.

Pergilah ke pusat layanan purna jual produk Apple dan beritahu bahwa SSD Anda bermasalah. Apple berjanji untuk mengganti komponen SSD dengan kapasitas penyimpanan yang sama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com