Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dengan Siena, Bikin Aplikasi Windows 8.1 Jadi Mudah

Kompas.com - 23/12/2013, 15:18 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

 

KOMPAS.com - Microsoft meluncurkan aplikasi yang dibuat untuk merancang program di Windows 8.1. Aplikasi tersebut diberi nama Project Siena.

Seperti tradisi Microsoft yang suka memberi nama produk berdasar suatu tempat, Siena adalah nama kota di Tuscan, Italia. Dengan aplikasi Siena, diharapkan makin banyak yang membuat program di Windows 8.1 karena sangat mudah.

Pada dasarnya, aplikasi Siena adalah HTML5 dan JavaScript yang bisa diaplikasikan seperti program Windows 8.1 lainnya. Saking mudahnya, aplikasi Metro-style ini seperti gabungan antara program PowerPoint dan Excel, bahkan pengguna bisa merancang program dengan tablet layar sentuh, tanpa membutuhkan keyboard atau mouse.

Aplikasi ini juga kompatibel dengan beragam konten seperti SharePoint, Excel, dan tabel Azure, RSS feeds dan beragam layanan RESTful.

Dikutip dari ZDNet (19/12/2013), target dari Siena adalah business expert, bsiness analyst, konsultan, dan para pembuat aplikasi. Contoh aplikasi yang bisa dibangun dengan Siena adalah aplikasi untuk menavigasi produk katalog, aplikasi untuk mengatasi masalah layanan konsumen, serta aplikasi yang menggunakan foto, video, pen, dan voice note yang dijadikan sebagai database.

Sebelumnya, Microsoft pernah meluncurkan aplikasi yang serupa untuk segmen mobile dengan Windows Phone App Studio, yang memungkinkan penggunanya membuat aplikasi untuk smartphone.

Aplikasi tersebut ditujukan bagi pengguna non-programmer yang ingin membuat aplikasi. Selain itu, Microsoft juga memiliki tool yang disebut LightSwitch yang juga ditujukan bagi programmer non-profesional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com