Kamis, 30 Maret 2017

Pembuat "Flappy Bird" Dituduh Curang, Penggemar Beri Bukti

Among Tech
Game Flappy Bird

KOMPAS.com - Pesatnya perkembangan game Flappy Bird yang kini menjadi fenomena di jejaring sosial menuai kontroversi. Pasalnya kepopulerannya di toko aplikasi diduga dibantu oleh bot.

Carter Thomas, seorang pengembang aplikasi iOS dan ahli dalam hal pemasaran aplikasi, melihat perkembangan peringkat game Flappy Bird dan game buatan Don Nguyen lainnya, Super Ball Juggling, dan Shuriken Block.

Menurutnya, ketiganya memiliki lonjakan grafik yang tidak masuk akal. Ulasan Thomas ini bisa dibaca di tautan berikut ini.

Bagaimana mungkin sebuah game yang diluncurkan pada bulan Juni 2013 bisa langsung populer hanya dalam 6 bulan. Thomas membandingkan Flappy Bird dengan game-game buatan Nguyen lainnya, yang memiliki pola peningkatan grafis yang mirip, melonjak tajam.


Advertisment

Loncatan kepopuleran game buatan Nguyen tersebut memiliki pola yang berbeda dibanding game-game lain di dalam toko aplikasi, baik Google Play Store atau Apple App Store.

Selain itu, setelah memeriksa Review-Review yang ditulis dalam toko aplikasi tersebut, Thomas menemukan banyak pengulangan kata, seperti :glitch," "Pipe," dan "Addicting." Kata-kata tersebut digunakan di banyak Review.

Dilansir Gameranx, Selasa (4/2/2014), Nguyen sendiri tidak ingin mempersoalkan hal tersebut lebih jauh. Tanggapan resminya adalah dirinya menghormati opini yang dibuat semua orang tentang game-nya dan tidak ingin berkomentar tentang artikel tersebut.

Namun, artikel Thomas tersebut disanggah oleh beberapa pembaca di kolom komentar sambil memberikan buktinya. Menurut mereka, kepopuleran Flappy Bird dibantu oleh media sosial, salah satunya adalah Review yang dilakukan oleh user ID PewDiePie di situs berbagi video, YouTube.

PewDiePie adalah kanal YouTube yang berisi video-video momen dirinya bermain game. Saat ini kanal YouTube milik pria yang berasal dari Swedia tersebut memiliki lebih dari 21 juta subscribers.

Dari Review YouTube tersebutlah orang mulai mengetahui apa itu Flappy Bird, video itu pun beredar viral yang diikuti dengan screenshot-screenshot skor game Flappy Bird di jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, dan Path yang membuat orang penasaran dan mencoba.

Sementara mengenai game-game buatan Nguyen lainnya, banyak komentar yang mengatakan bahwa setelah bermain Flappy Bird, pengguna juga ingin mencoba game lain yang dibuat oleh developer yang sama. Itulah alasan mengapa game buatan Nguyen selain Flappy Bird juga terdongkrak popularitasnya.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Penulis: Reska K. Nistanto
Editor : Reza Wahyudi
Sumber: Gameranx.com,
TAG: