Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Angry Birds Stella", Cerita Baru si Burung Pemarah

Kompas.com - 14/02/2014, 16:27 WIB
Aditya Panji

Penulis

KOMPAS.com — Perusahaan pengembang game dan animasi Angry Birds, Rovio, yang berasal dari Finlandia, mengumumkan cerita baru burung pemarah yang disebut Angry Birds Stella, Kamis (13/2/2014).

Dalam siaran pers, Rovio mengatakan bahwa Stella dan teman-temannya adalah "sekelompok karakter baru yang penuh semangat dan cinta untuk bersenang-senang, melakukan petualangan, dan kreativitas bersama."

Dalam cerita Angry Birds Stella, akan ada setidaknya lima karakter burung baru. Bakal ada pula karakter protagonis dan antagonis.

Rovio akan mengimplementasikan karakter Angry Birds Stella dalam produk game, animasi, mainan, buku, hingga produk retail lainnya selama beberapa tahun mendatang. Rencananya, Angry Birds Stella akan hadir pada September 2014.

"Kisah Angry Birds Stella akan hidup dan berkembang di semua produk fisik dan digital, menjembatani mereka dengan cara yang menyenangkan dan inovatif. Stella dan teman-temannya akan mengajak berpetualang," kata CEO Rovio, Mikael Hed.

Sejarah Rovio dan Angry Birds

Rovio bermula dari Relude, sebuah perusahaan rintisan (startup) pembuat game, yang didirikan pada tahun 2003 oleh tiga mahasiswa Helsinki University of Technology, Finlandia, yakni Mikael Hed, Jarno Väkeväinen, dan Kim Dikert.

Mereka juara dalam kompetisi pembuatan game yang disponsori Nokia dan HP. Game itu berjudul King of the Cabbage World.

Tahun 2005, Relude ganti nama jadi Rovio Mobile dan membangun kantor di Espoo, Finlandia. Awalnya, mereka menerima investasi dari investor perorangan.

Rovio Mobile kemudian merilis permainan Angry Birds untuk iOS, barukemudian dibuat untuk sistem operasi Android. Tak butuh waktu lama bagi Angry Birds untuk menjadi salah satu game paling disukai dan paling dikenal. Jumlah unduhannya mencapai 1 miliar kali dari toko aplikasi Google Play Store dan Apple App Store.

Mulai Maret 2011, Rovio Mobile mendapat banyak investasi, baik dari perusahaan investasi maupun investor perorangan. Pada Juli 2011, perusahaan ini ganti nama lagi menjadi Rovio Entertainment Ltd.

Dari perusahaan game, Rovio bertransformasi menjadi perusahaan hiburan. Sejak Angry Birds menjadi candu bagi pengguna Android dan iOS, mereka memperluas sayap bisnis dengan menjual boneka, kaus, dan cendera mata Angry Birds yang berada di bawah lisensi.

Mereka memperluas sekuel permainan Angry Birds dan sudah berani melakukan akuisisi sebuah perusahaan game bernama Futuremarks Games Studio.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com