Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Kesamaan Mark Zuckerberg dan Jokowi

Kompas.com - 13/10/2014, 16:44 WIB
Oik Yusuf

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Pendiri Facebook, Mark Zuckerberg, bertandang ke Indonesia sebagai bagian dari tur Internet.org Asia Tour. Senin (13/10/2014), pemuda 30 tahun ini hadir dalam lokakarya pembuatan efisiensi kinerja aplikasi dan jaringan di Hotel Four Seasons, Jakarta.

Sebelumnya, Zuckerberg sempat bertemu muka dengan presiden terpilih Joko Widodo di Balaikota DKI Jakarta. Dia menuturkan bahwa ada kesamaan visi soal internet, antara dirinya dan pria yang akrab disapa Jokowi ini.

"Kami melihat bahwa ada hambatan teknis, ekonomi, dan sosial terhadap akses internet," kata Zuckerberg saat berbicara dengan awak media di Jakarta, yang ikut dihadiri KompasTekno.

"Secara umum, ada pandangan yang sama (dengan Jokowi) bahwa dengan terhubungnya setiap orang dan bisnis di Indonesia ke internet, maka jalannya bisnis akan semakin efisien sehingga meningkatkan perekonomian Indonesia," tambah Zuckerberg.

Peningkatan perekonomian lewat akses internet, menurut Zuckerberg, adalah sesuatu yang sering kali luput dari perhatian. "Ada banyak perdebatan mengenai cara menghubungkan orang-orang ke internet. Namun, pembicaraan kami pada pagi ini lebih berfokus pada kesempatan yang ada dengan penyediaan akses internet," imbuh dia.

Adapun hambatan teknis dan ekonomis yang dimaksud Zuckerberg adalah efisiensi penggunaan data di jaringan internet Indonesia yang dinilai belum maksimal.

Menurut dia, hal ini berbeda dari negara berkembang lain, seperti India. Menurut dia, salah satu kendala terbesar di India adalah keragaman bahasa yang sangat banyak. Oleh karena itu, fokus Internet.org dalam memperluas akses internet di India adalah menciptakan layanan online yang bisa dimengerti oleh masyarakat di berbagai daerah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com