Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peretas Sony Sebar 4 Film "Belum Edar" ke Internet

Kompas.com - 02/12/2014, 15:36 WIB
Deliusno

Penulis

KOMPAS.com — "The Guardian of Peace" (GOP), kelompok hacker yang mengklaim meretas jaringan internal milik Sony Pictures Entertainment, mulai membuktikan ancamannya. Para peretas tersebut telah menyebarkan file yang terbilang penting, yaitu film-film yang diproduksi oleh perusahaan tersebut.

Secara total, ada lima film yang beredar di dunia maya. Kelima film tersebut, seperti dikutip KompasTekno dari The Next Web, Selasa (2/12/2012), adalah Fury, Annie, Mr Turner, Still Alice, dan To Write Love on Her Arms.

Fury, film yang dibintangi Brad Pitt, telah tayang di bioskop-bioskop seluruh dunia. Sementara itu, sisanya berstatus "belum edar" dan dijadwalkan akan tayang dalam waktu dekat ini.

Kelima file film ini diketahui tersebar dalam sebuah versi yang disebut screener. File film dalam versi tersebut biasanya memang tidak disebar ke masyarakat umum. Studio film biasanya memberikan versi screener kepada para kritikus untuk kegiatan pemutaran dalam jumlah penonton terbatas, bukan komersial.

File-file film ini sendiri tampaknya cukup diminati, terlihat dari besarnya jumlah unduhan. Menurut data yang dilansir Excipio, sebuah firma pengamat hal-hal yang terkait pembajakan, hingga tanggal 30 November, film Fury telah diunduh hingga 1,2 juta kali. Sementara itu, Annie telah diunduh sebanyak lebih dari 206.000 kali.

Sebelumnya diberitakan bahwa server milik Sony berhasil diretas oleh sebuah kelompok bernama GOP. Serangan GOP konon menumbangkan sistem komputer Sony di seluruh dunia selama beberapa hari. Para hacker mengaku mendapat bantuan "orang dalam" dalam melakukan aksinya, tetapi tidak menjelaskan lebih lanjut mengenai bagaimana proses serangan dilakukan.

Kelompok hacker ini diketahui berhasil mengambil beberapa dokumen penting perusahaan, seperti paspor para artis, kumpulan e-mail, laporan keuangan, dan password server. (Baca: Peretas Pamer "File" Rahasia Milik Sony Pictures)

Hingga saat ini, pihak Sony Pictures Entertainment masih bungkam terkait peredaran lima file film di dunia maya. Namun, menurut pihak yang familiar dengan kasus ini, lima film tersebut disinyalir memang berasal dari kegiatan peretasan baru-baru ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com