Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yahoo Mulai Giring Pengguna ke Firefox

Kompas.com - 16/12/2014, 07:26 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.com - Yahoo mendorong pengguna produknya untuk hijrah ke Firefox. Dorongan yang dilakukan Yahoo berwujud sebuah tautan kecil yang bertuliskan “Upgrade to the New Firefox”. Link tersebut akan merujuk ke halaman pengunduhan Firefox jika diklik oleh pengguna.

Link ini akan muncul pada pengguna yang menjelajahi internet menggunakan peramban Google Chrome, Internet Explorer,  Opera atau Yandex. Sementara itu, seperti dilansir KompasTekno dari Techcrunch, Senin (15/12/2014), link tersebut tidak akan muncul jika akses web menggunakan peramban Safari besutan Apple.

Yahoo dan Firefox sebelumnya memang sudah mengumumkan kerjasama berjangka 5 tahun. Kerjasama tersebut menyatakan bahwa Firefox akan menggunakan Yahoo sebagai default mesin pencarinya.

Perjanjian itu menempatkan Yahoo sebagai pengganti mesin pencari Google yang menjadi default peramban Firefox sejak 10 tahun silam.

Kerjasama tersebut diharapkan akan saling mendukung kedua pihak, mengingat jumlah pengguna Firefox yang telah berkurang selama beberapa tahun belakangan. Sementara itu, mesin pencari Yahoo pun tertinggal dibanding pesaingnya; Microsoft Bing dan Google Search.

Dalam keterangan resmi Mozilla Firefox, Yahoo menjadi mesin pencari default untuk para pengguna Firefox di Amerika Serikat dan Rusia. Sementara itu di China, Firefox tetap menggunakan Baidu. Secara global, Firefox tetap memberikan pilihan sekira 61 mesin pencari yang terpasang pra-instalasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com