Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seperti Sony, Game Parodi Kim Jong-Un Juga Diretas

Kompas.com - 19/01/2015, 16:29 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber ENGADGET
KOMPAS.com - Sebuah game bakal bernasib sama dengan film satir The Interview besutan Sony Pictures. Game yang menjadikan Presiden Korea Utara, Kim Jong-Un, sebagai pemeran utama ini, kabarnya diretas oleh hacker yang belum diketahui identitasnya.

Pengembang Glorious Leader!, Moneyhorse, mengatakan game tersebut kemungkinan batal dirilis karena tak dapat diselesaikan. Para peretas yang sepertinya sangat marah, menghancurkan hampir seluruh data pendukung game tersebut. Selain itu, peretas juga merusak seluruh sistem jaringan komputer dan situs Moneyhorse.

Perlu diketahui, Moneyhorse adalah pengembang game independen asal AS. Sebelum game besutannya diretas, Moneyhorse sedang melakukan penggalangan dana di situs KickStarter untuk merilis game tersebut.

Glorious Leader! mengisahkan Kim Jong-Un sebagai pejuang yang telah dilatih selama bertahun-tahun untuk meruntuhkan negara kapitalis Amerika Serikat.

Game piksel retro ini mengambil latar perkotaan, di mana Pyongyang menjadi salah satu lokasinya. Adapula level bonus yang mengambil latar di kantor pusat Sony Pictures. Dalam game, tampak pemeran film The Interview, Seth Rogen, mengangkat tangannya ke udara sebelum dibunuh dengan peluncur roket.

Dilansir KompasTekno (19/1/2015) dari Endgadget, peretas Moneyhorse disebut-sebut berasal dari kelompok yang juga meretas Sony Picture karena membuat film satir The Interview, yang dianggap melecehkan Kim Jong-Un. Namun, pihak Moneyhorse tidak ingin berasumsi atas spekulasi tersebut. "Bisa saja ini perbuatan pembajak oportunis," kata pihak Moneyhorse.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com