Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asus Bikin Aksesori Lampu Flash untuk Smartphone

Kompas.com - 11/03/2015, 18:09 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber ENGADGET

KOMPAS.com - Flash LED yang biasa mendampingi kamera di smartphone bisa membantu pengambilan gambar dalam kondisi gelap. Namun, penggunaannya relatif terbatas karena keluaran cahayanya tak terlalu terang.

Untuk mengatasi keterbatasan inilah, Asus meluncurkan sebuah modul flash bernama ZenFlash.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Kompas Tekno dari Engadget, Selasa (10/3/2015), modul flash yang diluncurkan berbarengan dengan smartphone ZenFone 2 itu nantinya bisa ditancapkan ke konektor USB ponsel Asus-kemungkinan bisa di semua Android-dan akan menyala ketika pengguna menjepret foto dengan kamera ponsel.

Keluaran cahaya dari modul ZenFlash diklaim 400 kali lebih terang dibandingkan flash LED built-in milik smartphone pada umumnya.

Selain ZenFlash, Asus juga memperkenalkan aksesori lighting lain bernama LolliFlash. Bentuknya berupa lingkaran LED yang menyala terus menerus yang tersambung ke port jack audio 3,5mm.

Belum ada informasi mengenai harga atau ketersediaan kedua produk. Belum diketahui pula apakah dua modul pencahayaan ini bakal kompatibel dengan smartphone Android lain atau tidak.

LED flash selama ini dipakai di smartphone karena menggunaan voltase kecil sehingga menghemat baterai ponsel. Ukurannya pun lebih kecil dibandingkan flash Xenon sehingga bisa menghemat tempat.

Akan tetapi, keluaran cahayanya jauh lebih redup jika dibandingkan dengan flash xenon yang biasa terdapat pada kamera digital.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com