Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Telkomsel Tak Mau Ekspansi 4G Sia-sia

Kompas.com - 15/03/2015, 12:59 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Direktur Utama Telkomsel Ririek Ardiansyah, mengatakan pihaknya sedang fokus ekspansi 4G LTE di tujuh area: Jakarta, Bali, Bandung, Surabaya, Makassar, Manado dan Medan.  

Hal itu dikemukakan dalam kesempatan peluncuran jaringan 4G LTE Telkomsel di Trans Studio Bandung Minggu (15/3/2015).

Ririek mengatakan bakal segera merilis jaringan 4G LTE di Surabaya, Makassar, Manado, dan Medan, sampai akhir Semester I 2015. Sebelumnya, Telkomsel telah menyelenggarakan jaringan serupa di Bali dan Jakarta.

Namun, apabila modernisasi jaringan untuk 4G LTE di 7 wilayah tersebut sudah selesai, Ririek mengaku belum ada rencana Telkomsel untuk menambah jaringan 4G di kota lain.

"Kita harus lihat dulu. Sekarang ini juga pengguna perangkat 4G masih sedikit, sekitar 4 persen. Jadi percuma kalau kita gelar jaringan namun belum bisa diakses. Jadi sementara ini masih untuk 7 kota itu," Ririek menjelaskan.

Telkomsel tentu bukan satu-satunya yang melakukan ekspansi 4G LTE di Indonesia. XL Axiata dan Indosat juga melakukan hal itu, dengan strategi masing-masing.

Operator-operator tersebut nampak melakukan ekspansi di beberapa wilayah yang sama, meskipun ada juga di wilayah yang berbeda.

Apakah ada upaya berebut dominasi pasar? Ataukah memang hanya sekadar kebetulan?

Saat ditanyakan, Ririek tampak menanggapi hal ini dengan santai. "Yang saya tahu operator tetangga baru rilis jaringan trailer," katanya sembari melempar senyum, tanpa menyebut siapa operator tetangga yang dimaksud.

Selain jaringan, Telkomsel juga melakukan berbagai persiapan dari sisi layanan dan produk, seperti kesiapan uSIM (simcard 4G), ponsel 4G, konten dan titik-titik pelayanan (GraPARI).

Selain di Indonesia, layanan Telkomsel 4G LTE juga sudah dapat dinikmati di delapan negara, yaitu Singapura, Malaysia, Hongkong, Australia, Taiwan, Saudi Arabia, Korea Selatan dan Inggris.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com