Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/05/2015, 07:59 WIB
Deliusno

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Xiaomi punya tradisi yang unik setiap merilis produk terbarunya. Mereka gemar membandingkan perangkat andalan terbarunya dengan smartphone buatan vendor papan atas lainnya.

Hal tersebut seperti ingin menggambarkan bahwa Xiaomi sangat percaya diri berhadapan dengan pesaing lain yang sudah lebih dulu bertarung di pasar ini.

Dalam acara peluncuran Mi 4i di Indonesia, Selasa (19/5/2015), Xiaomi masih belum menghentikan tradisi tersebut. Kali ini, vendor asal Tiongkok tersebut tidak canggung membandingkan Mi 4i dengan ponsel termutakhir Apple, iPhone 6.

Salah satu hal yang dibandingkan adalah ukuran "tubuh" dari keduanya. Meski memiliki ukuran panjang yang sama, yakni 138,1 mm, bentang layar di Xiaomi lebih besar ketimbang iPhone 6.

Menurut Hugo Barra, VP Xiaomi Global, layar Mi 4i 10 persen lebih besar dan body ratio-nya 7 persen lebih tinggi dari pesaingnya itu.

"Layar Mi 4i lebih besar ketimbang iPhone 6 meski memiliki dimensi tinggi yang sama," ujar Hugo dalam acara tersebut.

Selain itu, Hugo juga membandingkan tingkat kerapatan layar dari kedua perangkat. Mi 4i memiliki bentang layar 5 inci dengan dukungan resolusi full HD (1.920 x 1.080 piksel) dan tingkat kerapatan 441 piksel per inci (ppi).

Nilai tersebut masih jauh lebih tinggi dari iPhone 6 dan iPhone 6 Plus. Masing-masing memiliki layar 4,7 inci dengan dukungan resolusi 1.334 x 750 piksel dan 5,5 inci dengan dukungan resolusi full HD.

"Tingkat kerapatan layar iPhone 6 hanya 326 ppi. Kerapatan Mi 4i pun masih lebih tinggi dari iPhone 6 Plus sekalipun yang memiliki kerapatan 401 ppi," ujarnya.

Masih dari segi layar, Hugo mengklaim tingkat kedalaman warna produknya masih jauh lebih tinggi dari seri iPhone 6. Dia mengatakan, Mi 4i memiliki tingkat NTSC 95 persen, sementara iPhone hanya 72 persen.

Sebagai informasi, semakin tinggi NTSC sebuah layar, akan semakin tinggi pula kemampuan layar tersebut dalam menampilkan kedalaman warna.

Hugo juga tidak lupa membandingkan baterai yang dimiliki perangkatnya itu. Mi 4i dikatakan memiliki kapasitas baterai yang mencapai 3.120 mAh, jauh lebih besar dari iPhone 6 yang dilengkapi baterai 1.810 mAh.

"Baterai Mi 4i dapat membuatnya bekerja selama satu setengah hari. Ingat, bekerja, bukan dalam keadaan idle," ujarnya.

Sebagai penutup, Hugo membandingkan harga dari Mi 4i. Akan tetapi, kali ini, ia membandingkannya dengan dua produk berbasis Android dengan bentang layar yang kurang lebih sama, bukan dengan iPhone 6.

Perangkat yang dibandingkan adalah HTC 820 dan Samsung Galaxy A7. Menurut dia, kedua perangkat tersebut memiliki spesifikasi yang tidak jauh berbeda dari perangkatnya, tetapi memiliki harga yang jauh lebih tinggi.

Untuk informasi, HTC 820 dijual dengan harga Rp 4.490.000 dan Galaxy A7 dipatok Rp 5.100.000. Sementara itu, Mi 4i memiliki label harga Rp 2.799.000.

"Meski spesifikasi tidak jauh, harga Mi 4i jauh lebih rendah," kata Hugo.

( Dalam rangkaian peluncuran Mi 4i di Jakarta, Hugo juga sempat mempertontonkan aksi bongkar-pasang perangkat tersebut dan memamerkan jeroannya. Simak aksinya di Nextren.com: Aksi Hugo Barra Preteli Xiaomi Mi4i di Jakarta )

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com