Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masjidku Tawarkan Situs Web Gratis Bagi Masjid Anggota

Kompas.com - 26/10/2015, 10:39 WIB
Deliusno

Penulis

KOMPAS.com - Empat bulan lalu, dirilis aplikasi jejaring sosial untuk masjid di Indonesia. Aplikasi tersebut dinamakan Masjidku.

Kini, untuk melengkapi jembatan informasi antara masjid dan umat, pihak pengelola Masjidku meluncurkan layanan pembuatan situs web gratis untuk setiap masjid yang bergabung.

Hingga saat ini, sudah ada beberapa masjid yang memanfaatkan tawaran tersebut. Di antaranya adalah Masjid Ash-Shaff Emerald Bintaro (http://masjidemerald.com), Masjid Raya Bintaro Jaya (http://www.masjidrayabintarojaya.or.id), dan Masjid Baitul Makmur Boyolali (http://www.masjidbaitulmakmur.net).

Setiap situs web yang dikerjakan oleh pihak Masjidku nantinya akan dilengkapi dengan content management system masing-masing. Dengan adanya fitur tersebut, pengurus masjid yang menjadi admin web dapat mengelola konten situsnya secara mudah dan efektif.

Fitur situs web yang diberikan antara lain, jadwal kegiatan, artikel kajian, galeri untuk dokumentasi foto dan video, serta donasi infaq dan shodaqoh.

Selain fitur utama tersebut, situs web yang dibangun juga akan secara otomatis terintegrasi dengan aplikasi mobile Masjidku. Dengan cara seperti ini, pengelola masjid dapat lebih mudah mengelola dan mengontrol penyampaian informasi secara efektif, sistematis, dan transparan.

Sebelumnya, Masjidku dirilis sebagai aplikasi untuk memudahkan masjid dalam penyampaian dakwah, pengelolaan kegiatan keagamaan, serta pelaporan infaq, dan sedekah secara realtime kepada jemaah lewat jalur online.

“Masjidku bertujuan meringankan biaya operasional yang dikeluarkan oleh masjid
untuk komunikasi dan penyiaran informasi,” ungkap Chief Technology Officer Masjidku, Adib Toriq dalam keterangan pers yang KompasTekno terima, Minggu (25/10/2015).

“Ke depannya, kami berharap Masjidku dapat meningkatkan partisipasi dan rasa kepemilikan umat Islam terhadap masjidnya,” lanjutnya.

Setelah empat bulan meluncur, aplikasi Masjidku telah digunakan lebih dari 5.000 orang pengguna dan 50 masjid.

Untuk mendaftarkan masjid, pengurus masjid dapat mengirim email ke info@masjidku.id. Untuk mengunduh aplikasi Masjidku pada ponsel, pengguna dapat mengunjungi situs www.masjidku.id.

Saat ini Masjidku sudah tersedia untuk para pengguna ponsel pintar dengan sistem operasi Android dan iOS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com