Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun Depan, Apple Diyakini Rilis iPhone Mini

Kompas.com - 05/11/2015, 11:32 WIB
Deliusno

Penulis

Sumber The Verge
KOMPAS.com - Apple mengubah tradisi dengan membuat ponsel layar lebar melalui duet iPhone 6 (4,7 inci) dan iPhone 6 Plus (5,5 inci). Namun, pabrikan yang berpusat di Cupertino ini tampaknya belum begitu ingin meninggalkan segmen ponsel "layar kecil".

Sebuah kabar yang dikutip oleh KompasTekno dari The Verge, Kamis (5/11/2015), menyebutkan bahwa Apple akan merilis kembali iPhone dengan layar mungil, yakni 4 inci pada tahun 2016 mendatang.

Kabar tersebut diembuskan oleh Ming-Chi Kuo, seorang analis terkenal dari KGI Securities. Ia selama ini dikenal sebagai "cenayang" karena seringkali memberikan hasil prediksi yang tepat untuk produk-produk baru Apple.

"Karena tetap ada permintaan untuk iPhone 4 inci, kami percaya Apple akan memperbarui lini produk ini," ujar Kuo.

Menurut Kuo, Apple bakal merilis ponsel 4 inci sebagai peningkatan dari iPhone 5S. Ia sudah akan dirilis pada pertengahan tahun pertama 2016 dan menggunakan chipset A9, "otak" yang digunakan di iPhone 6S dan 6S Plus.

Meskipun menggunakan chipset yang sama, iPhone berlayar kecil ini tidak akan menggunakan fitur 3D Touch. Tujuannya, untuk membedakan lini produknya.

"Karena iPhone 5S lebih populer dibandingkan iPhone 5C, kami berpikir Apple akan meluncurkan pembaruan dari iPhone 5S. Kami memprediksi Apple akan memproduksi massal iPhone 4 inci ini di 1H16 dengan casing berbahan metal," kata Kuo.

"Untuk membuat iOS 9 atau generasi berikutnya iOS 10 berjalan lancar, Apple mungkin akan mengadopsi chip A9 untuk ponsel baru ini," lanjutnya.

Sebelumnya, Kuo berhasil memprediksi peluncuran iPhone berlayar 4,7 inci dan 5,5 inci. Ia juga menebak dengan tepat dua ukuran Apple Watch, MacBook 12 inci, dan sebagian besar dari spesifikasi iPhone 6S.

Meskipun begitu, prediksi Kuo tidak selamanya tepat. Kuo gagal memprediksi dengan tepat kehadiran smartphone berbentang 5,5 inci, sebuah iPhone yang baru hadir di tahun 2015.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com