Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Andromax Lawas Bisa Nikmati VoLTE, Ini Syaratnya

Kompas.com - 15/04/2016, 19:40 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Smartfren Telecom Tbk (Smartfren) merilis aplikasi Smart Voice over LTE (VoLTE) yang bisa diunduh melalui Google Play Store.

Menggunakan aplikasi itu, baik ponsel Andromax bikinan Smartfren dan juga beberapa perangkat open market, dengan syarat tertentu, bisa melakukan panggilan menggunakan teknologi VoLTE.

Bersamaan dengan perilisan VoLTE secara komersil beberapa bulan lalu, Smartfren sebenarnya sudah menawarkan ponsel Andromax E2 dan R2, yang telah mendukung teknologi telepon dengan jaringan 4G tersebut.

Namun, saat itu Andromax versi lawas belum bisa memanfaatkan VoLTE. Kini, menggunakan aplikasi tersebut, perangkat Andromax tersebut sudah dapat digunakan untuk melakukan panggilan VoLTE.

Akan tetapi, ada syaratnya. Perangkat Andromax lawas tersebut harus sudah mendukung koneksi 4G LTE milik Smartfren.

Perangkat open market juga bisa pakai Smart VoLTE

Menariknya, ponsel open market atau di luar merek Andromax, bisa juga memakai aplikasi Smart VoLTE. Asalkan mendukung 4G di frekuensi 850 MHz dan 2.300 MHz atau LTE milik Smartfren.  

Selain itu pengguna juga harus memakai uSIM dari operator yang sudah mengomersilkan VoLTE. Sementara waktu ini, hanya Smartfren yang masuk ke syarat tersebut.

"Semua ponsel open market yang dukung Band 5 dan 40, bisa pake Smart VoLTE Smartfren. Keuntungan yang dirasakan sama, suara lebih jernih dan call set up lebih cepat," tutur Head of Smartphone Product Development Smartfren, Ario Junianto dalam peluncuran Aplikasi Smart VoLTE di Jakarta, Jumat (15/4/2016).

Smart VoLTE sama seperti mode VoLTE bawaan perangkat. Pengguna bisa memakainya untuk panggilan suara atau panggilan video.

Berikut ini daftar ponsel yang sudah dipastikan bisa memakai aplikasi Smart VoLTE: Andromax EC, Andromax ES, Andromax R, Andromax R2, Andromax Q, Andromax Qi, LG G4, Wiko Ridge 4G Fever, Samsung J2, Samsung J5, Lenovo A6010, Samsung Tab S2 T715Y, Samsung Tab S2 T815Y, Sony Experia Z3 Compact D5833, One Plus One A1001, Hisense Pureshot, Motorola Nexus 6, Samsung J1 Ace, Samsung J7, dan Asus Zenfone 2.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com