Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tunggu! Jangan Dulu Beli Ponsel Baru

Kompas.com - 21/07/2016, 20:08 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber bgr

KOMPAS.com - Bila Anda punya rencana untuk membeli ponsel baru dalam waktu dekat, tundalah dulu. Pasalnya, saat ini bukan waktu yang tepat untuk membeli ponsel, baik bersistem operasi iOS atau Android.

Sebenarnya, teknologi perangkat genggam terus berkembang dan ada saja fitur atau hardware baru yang ditambahkan. Kalau dipertimbangkan baik-baik, pembaruan itu seolah tak berujung dan rasanya memang tak ada waktu yang tepat untuk membeli ponsel baru.

Hanya saja, sebagaimana dilansir KompasTekno dari BGR, Kamis (21/7/2016), saat ini baik iOS atau Android sedang berada dalam masa penantian besar.

Masing-masing bakal merilis sebuah seri yang bisa dikatakan membawa perubahan signifikan dibanding seri-seri sebelumnya.

Apple iPhone 7

Dari Apple, seri yang paling ditunggu-tunggu adalah iPhone 7. Ponsel ini diprediksi akan meluncur pada sekitar September mendatang, dengan sejumlah perubahan kecil dibandingkan iPhone seri lawas.

Spekulasi mengenai spesifikasi perangkat genggam ini pun semakin ramai, meskipun belum ada kepastian yang jelas. Salah satunya menyebutkan bahwa iPhone 7 tidak akan memiliki port audio 3,5 milimeter.

Sedangkan dari bentuk bodi, lebih kurang, akan sama seperti iPhone generasi sebelumnya. Perubahan hardware pun tak akan signifikan, cuma sedikit penambahan kemampuan pada kamera dan prosesor saja.

Bila benar demikian, penantian iPhone 7 bisa jadi tak semenarik yang dibayangkan. Pengguna yang sudah menunggu lama cuma akan mendapatkan perubahan berupa lenyapnya port audio 3,5 milimeter.

Perubahan itu kemungkinan bakal menimbulkan kerepotan baru. Kemungkinan lainnya, tentu saja, pengguna butuh mengganti earphone dari model kabel menjadi earphone bluetooth atau earphone untuk port Lighting jika ingin mendengarkan musik.

Kalau sekarang Anda memakai iPhone 6 atau 6S, rasanya lebih baik tak usah berharap pada iPhone 7. Lompatan teknologi antara ponsel Anda dan model terbaru pun tak akan terlalu jauh, sehingga tak akan ada aplikasi yang menjadi lambat atau sering freeze karenanya.

Android Nexus

Bila Anda pengguna Android, tabahlah sebentar saja. Tunda rencana pembelian ponsel baru sampai Anda benar-benar melihat dan menimbang kinerja ponsel Nexus yang diprediksi rilis pada September atau Oktober tahun ini.

Ponsel Nexus kali ini kabarnya dikerjakan oleh HTC, dengan nama sandi Marlin dan Sailfish. Biasanya ponsel seri Nexus dibanderol dengan haga yang cenderung murah, spesifikasi tinggi dan punya sejumlah kelebihan yang langsung diberikan oleh Google.

Satu kelebihan terpenting yang diprediksi bakal ada di Nexus tahun ini adalah dukungan untuk platform Daydream, platform virtual reality (VR) yang dirancang untuk perangkat genggam.

Jika sudah tak tahan ingin membeli ponsel baru, sekarang memang ada pilihan mutakhir seperti Samsung Galaxy S7 atau sekelasnya. Tapi jangan lupakan, bahwa membeli ponsel tersebut saat ini juga berarti Anda bisa kehilangan kesempatan menikmati teknologi VR mobile yang sangat menarik dan lebih murah ketimbang Oculus Rift.

Tentu saja keputusan ada di tangan Anda masing-masing. Bila masih sanggup menunggu, tak ada salahnya melirik dulu pada iPhone seri terbaru atau Nexus yang dibekali dengan platform VR Daydream.

Toh, tanggal peluncurannya hanya tinggal menunggu beberapa bulan saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com