Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Galaxy Note 7 Terbakar, Pemilik Diminta Bayar Rp 18 Juta

Kompas.com - 08/09/2016, 09:23 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Kasus Galaxy Note 7 terbakar terjadi lagi. Kali ini menimpa seorang warga Australia yang tengah menginap di sebuah hotel di wilayah kota Perth.

Ketika itu, sang pria yang bernama Tham Hua tengah menancapkan Galaxy Note 7 miliknya ke charger untuk mengisi baterai sambil ditinggal tidur.

Sedang enak-enaknya mendengkur, Hua tiba-tiba terbangun karena mendengar desisan dan suara letusan dari Galaxy Note 7 yang diletakkan di sisi kasur. Ponsel tersebut rupanya tengah terbakar.

Beruntung, apinya padam sebelum sempat melalap seisi kamar, tapi beberapa kerusakan tak urung telah ditimbulkan.

“Ponsel membakar seprei dan karpet saat saya menepisnya ke lantai. Jari saya juga ikut mengalami luka bakar,” keluh Hua, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Sydney Morning Herald, Kamis (8/9/2016).

Dia curhat di forum online Reddit, di bawah user name Crushader. Foto-foto dari TKP ikut diunggah.

Gara-gara kerusakan yang ditimbulkan itu, dia dikenai tagihan senilai 1.800 dollar Australia atau Rp 18 juta oleh pihak hotel.

Crushader/ Reddit Seprei dan karpet hotel iktu hangus saat Galaxy Note 7 milik Hua terbakar

Baca: Kronologi Hangusnya Jeep Cherokee Gara-gara Galaxy Note 7

Setelah mengadu kepada Samsung, Hua mengatakan pihak pabrikan asal Negeri Ginseng itu akan menanggung semua kerugian. Dia juga diberikan ponsel pengganti Galaxy J1 untuk sementara waktu.

“Mereka (Samsung) bilang ini kejadian pertama di Australia,” ujar Hua yang mengaku menggunakan charger dan kabel original dari Samsung saat Galaxy Note 7 miliknya hangus.

Minggu lalu, Samsung telah mengumumkan penarikan 2,5 juta unit Galaxy Note 7 dari pasaran dunia, lantaran masalah baterai yang membuat ponsel itu rawan terbakar. (Baca: Samsung Ganti Baru Semua Galaxy Note 7 di Pasaran)

Hingga minggu lalu saja, tercatat sudah terjadi sebanyak 35 kasus seperti yang dialami Hua. Sebanyak 50.000 unit Galaxy Note 7 yang kadung beredar di Benua Kangguru pun ikut ditarik dalam rangka recall global itu.

Samsung kini menyarankan pemilik Note 7 untuk mematikan dan tidak memakai perangkat tersebut sebelum ditukar dengan versi baru yang aman.

“Pelanggan yang telah membeli Galaxy Note 7 dari Samsung bisa mendapatkan Galaxy Note 7 baru (dan perangkat pengganti sementara) atau refund secara penuh,” sebut Samsung.

Baca: Bagaimana Nasib Pemesan Galaxy Note 7 di Indonesia?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com