Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Mulai Jualan Stiker dan Aplikasi di iMessage

Kompas.com - 14/09/2016, 14:47 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber 9to5mac

KOMPAS.com - Apple akhirnya mewujudkan iMessage App Store, yaitu toko aplikasi dalam layanan pesan instan buatan mereka. Toko aplikasi tersebut berisi berbagai stiker dan games, mulai dari yang gratis hingga berbayar.

iMessage App Store ini sebelumnya terdapat di iOS 10 versi beta. Namun Aple telah lebih dulu merilisnya untuk versi para pengembang aplikasi dan baru saja membukanya untuk publik bersamaan dengan pembaruan iOS 10 yang dirilis hari ini, Rabu (14/9/2016).

Sesuai dengan namanya, iMessage App Store berisi berbagai aplikasi dan paket stiker. Ada stiker yang bisa diunduh gratis, ada juga yang berbayar dengan harga tertentu. Misalnya stiker Star Wars atau Disney yang dibanderol 1,99 dollar AS (sekitar Rp 26.000).

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari 9to5Mac, Rabu (14/9/2016), aplikasi dan games yang ditawarkan melalui iMessage App Store ini bervariasi. Ada yang dirancang khusus untuk iMessage dan berdiri sendiri, ada juga yang merupakan perpanjangan dari aplikasi yang ada di App Store utama.

Aplikasi atau games yang dirancang khusus untuk iMessage tidak akan muncul di Home. Dengan kata lain, hanya bisa diakses dan digunakan saat pengguna membuka iMessage. Sedangkan perpanjangan aplikasi atau game dari App Store utama akan tetap terlihat di Home dan bisa diakses dari situ.

Begitu juga dengan stiker. Ada stiker yang cuma bisa dipakai dalam aplikasi tertentu, dan ada stiker mandiri yang bisa dibuat tanpa harus terikat pada kode tertentu.

Pengguna akan menemukan indikator bertuliskan “Only for iMessage” pada stiker yang hanya bisa dipakai di layanan pengiriman pesan itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com