Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Smartphone" Apa yang Pertama Pakai Layar Full HD?

Kompas.com - 28/11/2016, 16:45 WIB
Deliusno

Penulis

KOMPAS.com - Smartphone dengan resolusi Full HD (1.920 x 1.080) saat ini sudah banyak ditemui. Namun, masih ingatkah Anda, smartphone pertama apa yang mengusung spesifikasi layar tersebut?

Smartphone tersebut ternyata adalah Droid Dna bikinan HTC. Perangkat yang satu ini mungkin kurang terdengar familiar bagi Anda. Pasalnya, ia dijual khusus oleh operator seluler Verizon di AS.

HTC Droid Dna sendiri memiliki layar berbentang 5 inci, cukup besar untuk smartphone kala itu. Perangkat tersebut dirilis ke pasar AS pada November 2012.

Layar itu masih dilindungi lagi dengan kaca Gorilla Glass 2 bikinan Corning. Gambar yang tampil di layar tersebut terlihat tajam dengan tingkat kerapatan yang mencapai 441 piksel per inci.

Dari segi spesifikasi, Droid Dna dibekali SoC Snapdragon S4 Pro APQ8064, yang terdiri dari CPU 1,5 GHz quad-core dan GPU Adreno 320. Spesifikasi lainnya, terdiri dari RAM 2 GB dan media penyimpanan internal berkapasitas 16 GB.

Di bagian belakang, terdapat kamera 8 megapiksel dengan diafragma lensa f/2.0. Sementara itu, di bagian depan terdapat kamera 2 megapiksel untuk kebutuhan selfie.

HTC Droid Dna dilengkapi dengan baterai 2.020 mAh sebagai sumber tenaga. Perangkat tersebut menjalankan sistem operasi Android 4.1.1 Jelly Bean yang bisa diperbarui hingga Android 4.4 KitKat.

Pada akhirnya, Verizon dan HTC mengganti lini produk Droid Dna dengan HTC One M7.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com