Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Blue Screen" Khas Windows Bakal Diganti Hijau?

Kompas.com - 11/01/2017, 16:28 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber Geek.com

KOMPAS.com - "Blue Screen of Death" (BSoD) atau singkatnya "Blue Screen" di sistem operasi Windows muncul kala OS buatan Microsoft itu crashed atau mengalami masalah saat beroperasi.

Blue screen menjadi ciri khas OS Windows sejak lama saat mengalami error. Namun warna biru itu baru-baru ini diketahui berubah menjadi hijau. Mungkinkah Microsoft mengganti ciri khas OS-nya itu?

Blue Screen yang berubah menjadi hijau itu pertama kali diposting di Twitter oleh seorang pengguna Windows 10 Build 14997 yang diunggah pada Desember 2016 lalu.

Baca: Wallpaper Windows 10 Dibuat dari Cahaya

Dikutip KompasTekno dari Geek.com, Rabu (11/1/2017), Microsoft kini telah mengonfirmasi bahwa pesan error dengan layar warna hijau itu memang ada.

"Green Screen of Death" tersebut mulai diberikan Microsoft dalam Windows 10 Build 15002, dan hanya muncul bagi mereka yang bergabung dengan program Windows Insider. Program ini bertujuan menguji dan mengevaluasi Windows 10.

Dengan demikian, Blue Screen of Death tetap dipertahankan dan akan muncul di OS Windows versi konsumer, bukan penguji.

Langkah Microsoft membuat Green Screen of Death ini adalah cara untuk membedakan laporan error yang dikirim dari OS yang sedang diuji atau OS yang sudah stabil.

Sebelumnya, pada April 2016 lalu, Microsoft memermak tampilan BSoD dari yang semula pesan teks berbaris-baris menjadi lebih rapi dan disertai QR code. Kode QR tersebut bisa dipindai dan akan mengarahkan ke laman Microsoft, di mana terdapat penjelasan mengenai penyebab masalah.

Baca: Microsoft Rancang Blue Screen Baru Windows 10 Jadi Keren

Keberadaan QR-Code Blue Screen ini dirilis di Windows 10 Insider Preview build 14316. Terdapat pula karakter smiley ASCII berbentuk wajah sedih.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com