Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanda Smartphone Samsung Bakal Usung Kamera Ganda

Kompas.com - 07/03/2017, 18:13 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.com - Materi promosi chipset terbaru Samsung, yakni Exynos 9 mengungkap keberadaan fitur kamera ganda dalam ponsel yang bakal memakainya.

Dalam materi promosi tersebut, Samsung mengungkap bahwa Exynos 9 bakal menyertakan teknologi bernama Dual Image Signal Processing (DISP). Ini merupakan teknologi yang diperlukan untuk mengoperasikan kamera ganda pada smartphone.

Seperti dilansir KompasTekno dari Phone Arena, Selasa (7/3/2017), dua buah kamera akan menuntut dua pemrosesan fokus, exposure, produksi warna atau HDR terjadi secara bersamaan. Karena itulah teknologi DISP diperlukan, yakni untuk membuat kedua hal terkait pemrosesan gambar tersebut bisa dikerjakan bersamaan.

Baca: MediaTek Resmi Perkenalkan Prosesor Helio P25, Dukung Kamera Ganda

Keberadaan teknologi DISP dalam Exynos 9 bisa dibaca sebagai tanda munculnya smartphone berkamera ganda buatan Samsung. Apalagi jika mengingat bocoran informasi yang menyebutkan bahwa perusahaan berniat memasang Exynos 9 dalam seri Galaxy S8 dan S8+ di sejumlah wilayah.

Artinya ada kemungkinan bahwa smartphone Galaxy S8 dan S8+ itu bisa jadi bakal dibekali kamera ganda.

Namun perlu dicatat, bahwa ini masih spekulasi saja. Samsung sendiri sama sekali belum bicara apa-apa mengenai fitur Galaxy S8 dan 8+. Sedangkan Exynos 9 yang mampu mendukung kamera ganda itu, bisa saja dipasang di smartphone seri lainnya.

Jika Exynos 9 dan kamera ganda tak muncul di kedua seri Galaxy S tersebut, maka ada kemungkinan sang raksasa elektronik Korea Selatan bakal memasangnya di Galaxy Note 8 yang akan datang.

Baca: Samsung Exynos Baru Mampu Sentuh Kecepatan 4 GHz?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com