Minggu, 26 Maret 2017

Sony Kembangkan "Charging Wireless" Antar Ponsel

Android Central Sony Xperia XZ memiliki layar 5,2 inci, prosesor Snapdragon 820, RAM 3 GB, serta kamera 23 megapiksel (belakang) dan 13 megapiksel (depan).

KOMPAS.com - Wireless charging? Ah itu sudah biasa. Demikian juga charging antar ponsel dengan perantara kabel USB. Yang tergolong di luar kebiasaan adalah teknologi baru yang menggabungkan dua metode pengisian baterai tersebut.

Teknologi dimaksud kabarnya sedang dikembangkan oleh Sony. Hal ini diketahui dari aplikasi paten yang diajukan perusahaan Jepang yang bersangkutan.

Di dalamnya, dijelaskan soal mekanisme pengisi daya dan bertukar data antar perangkat elektronik seperti ponsel dan komputer secara wireless.

Dengan kata lain, perangkat yang memiliki teknologi tersebut bsia digunakan untuk mengisi daya perangkat lain secara nirkabel, selain mengirim dan menerima data lewat koneksi wireless.


Advertisment

Informasi yang dirangkum KompasTekno dari The Next Web, Jumat (17/3/2017)  menyebutkan bahwa teknologi wireless charging antar ponsel besutan Sony ini mengandalkan sistem antena khusus.

Sony Ilustrasi transfer data dan daya secara wireless antar perangkat elektronik, dalam dokumen paten yang diajukan Sony.
Ada juga aplikasi dengan tampilan antarmuka grafis untuk memandu pengguna dalam menjalankan proses koneksi dan transfer daya wireless.

Belum jelas apakah kedua perangkat mesti ditempatkan dalam jarak tertentu untuk bisa melakukan charging secara nirkabel.

Layaknya teknologi-teknologi lain yang masih berupa paten, belum jelas pula apakah mekanisme unik besutan Sony ini benar-benar akan mewujud dalam bentuk produk nyata.

Baca: Google Larang Vendor Android Modifikasi Quick Charging

Penulis: Oik Yusuf
Editor : Deliusno
Sumber: The Next Web,
TAG: