Qualcomm Bocorkan "Chipset" Snapdragon 845 - Kompas.com

Qualcomm Bocorkan "Chipset" Snapdragon 845

Oik Yusuf
Kompas.com - 08/05/2017, 15:04 WIB
Aditya Panji/KompasTekno Prosesor seri Snapdragon buatan Qualcomm

KOMPAS.com - Chipset mobile Snapdragon 835 baru akan mulai dirilis ke pasaran melalui produk-produk smartphone kelas atas tahun ini, namun bocoran untuk prosesor generasi berikutnya sudah mulai beredar.

Pekan lalu, chipset yang disinyalir bernama Snapdragon 845 tersebut dilaporkan mendadak muncul secara tidak sengaja di situs resmi Qualcomm dengan nama “SDM845”.

Qualcomm memang diperkirakan tengah mengembangkan Snapdragon 845 yang bakal menerapkan teknologi proses fabrikasi 7 nm.

Dibandingkan chip 10 nm seperti Snapdragon 835, teknologi 7 nm mampu meningkatkan performa hingga 35 persen sekaligus menciutkan ukuran fisik prosesor yang bersangkutan.  

wccftech.com Daftar chip baru Qualcomm yang dilaporkan sempat bocor di situs peruahaan tersebut.
Sebelumnya, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Phone Arena, Senin (8/5/2017), sempat beredar kabar bahwa Samsung dan TSMC tengah memperebutkan kontrak manufaktur untuk chip berteknologi 7 nm ini.

Snapdragon 845 sendiri disinyalir baru akan resmi diumumkan menjelang akhir 2017, untuk dipakai di handset andalan di tahun berikutnya macam Galaxy S9.

Qualcomm bukan satu-satunya pabrikan yang mulai berkutat dengan chip 7 nm. Huawei, Nvidia, dan MediaTek diperkirakan bakal menelurkan produk serupa.

Selain informasi di atas, masih belum banyak yang diketahui tentang Snapdragon 845. Dalam waktu dekat, Qualcomm diperkirakan akan lebih dulu mengumumkan prosesor kelas menengah atas bernama Snapdragon 660.

Baca: Ini Yang Bikin Chipset Smartphone Makin Kencang

PenulisOik Yusuf
EditorReska K. Nistanto
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM