Review: LG G6 Memikat dengan Audio dan Kamera Halaman 1 - Kompas.com

Review: LG G6 Memikat dengan Audio dan Kamera

Yoga Hastyadi Widiartanto
Kompas.com - 05/06/2017, 19:24 WIB
LG G6 tampak depanYoga Hastyadi Widiartanto/KOMPAS.com LG G6 tampak depan

JAKARTA, KOMPAS.com - LG akhirnya merilis smartphone seri G6 yang merupakan pamungkasnya. Sebagai smartphone yang berada di kelas teratas lini produk LG, seri ini dibekali dengan berbagai fitur lengkap untuk memanjakan penggunanya.

KompasTekno sempat menjajal LG G6 seri pra-perilisan di Indonesia dalam waktu cukup lama, sekitar tiga pekan. Selama itu pula kami merasakan berbagai kekurangan dan kelebihan LG G6.

Soal kelebihan yang KompasTekno rasakan atara lain berupa mulusnya kinerja smartphone, kamera dengan hasil jepretan yang jernih, daya tahan baterai hingga seharian, serta desain layar yang enak dipandang.

Sementara itu kekurangan yang dirasakan antara lain pemindai sidik jari yang cenderung kurang akurat, casing belakang yang ternyata mudah tergores, dan chipset Snapdragon 821.

Lebih detailnya, berikut ini ulasan KompasTekno mengenai smartphone pamungkas LG G6.

Desain

LG merancang G6 dengan layar berukuran 5,7 inci yang menutupi sekitar 80 persen bagian depan ponsel. Bezel atau bingkai di tepi kanan dan kiri layar terlihat sangat tipis. Kemudian rasio layar dipatok pada 18:9, mirip dengan Samsung Galaxy S8.

Rancangan demikian tergolong unik, apalagi mengingat sebagian besar ponsel memakai rasio layar 16:9. Namun rasio 18:9 ini justru menjadi salah satu kelebihan yang menarik karena konten bisa ditampilkan dalam bidang yang lebih luas.

Misalnya bila sedang membaca situs berita akan terasa bahwa layar tersebut begitu panjang dan muat lebih banyak. Begitu juga ketika membuka media sosial.

Sayangnya tidak semua aplikasi bisa memanfaatkan layar 18:9 ini. Kebanyakan game bakal tampil dengan kotak hitam di tepi kanan dan kiri layar meski sudah dalam mode full-screen.

Pengguna toh tetap memiliki pilihan. LG memberikan opsi app scalling untuk mengubah skala tampilan tersebut. Ada tiga yang bisa dipilih, yakni 16:9, 16,7:9 atau 18:9.

Bahkan saat disiram dengan air seperti ini, LG G6 tetap bisa berfungsi normal.Yoga Hastyadi Widiartanto/KOMPAS.com Bahkan saat disiram dengan air seperti ini, LG G6 tetap bisa berfungsi normal.

Hal lain yang menarik dari desain LG G6 adalah bodi yang dibuat tahan air. LG mengatakan bahwa smartphone ini memiliki sertifikasi IP68. Secara teori ini berarti pengguna bisa membawa ponsel tersebut menyelam hingga kedalaman 1,5 meter selama 30 menit.

Sedangkan dalam pemakaian sehari-hari, IP68 membuat pengguna tak perlu khawatir bila menggunakan ponsel ini di bawah siraman hujan atau tak sengaja menumpahkan air di atasnya.

Kami juga sempat mencoba meletakkan LG G6 dalam baskom air, meletakkannya di bawah guyuran air keran, dan sekadar menyiram atau menyemprotkan air ke smartphone tersebut. Semua percobaan itu sama sekali tak merusak LG G6.

LG menempatkan tombol home di bagian belakang smartphone. Tombol ini berada tepat di bawah kamera utama, sekaligus berfungsi sebagai pemindai sidik jari.

Page:
Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisYoga Hastyadi Widiartanto
EditorReska K. Nistanto
Komentar