Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siapa Oskar Fischinger yang Jadi Google Doodle Hari Ini?

Kompas.com - 22/06/2017, 07:10 WIB
Deliusno

Penulis

Sumber Wikipedia

KOMPAS.com - Mesin pencari Google hari ini, Kamis (22/6/2017), dihiasi doodle yang memperlihatkan karya seni abstrak. Jika diklik, Anda akan dibawa ke sebuah permainan membuat komposisi musik sederhana, lengkap dengan visual yang menarik berdasarkan musik buatan itu.

"Musik tidak hanya berupa suara. Dalam dunia visual, musik hadir dalam bentuknya sendiri," berikut kutipan yang muncul ketika Anda mengklik Google Doodle hari ini.

Kutipan itu diucapkan oleh Oskar Fischinger yang karyanya menjadi inspirasi dari desain Google Doodle hari ini. Ilustrasi dan permainan yang menjadi doodle itu merupakan cara Google untuk merayakan hari ulang tahun ke-117 dari Oskar Fischinger.

Lantas, apa spesialnya Oskar Fischinger sehingga dijadikan doodle oleh Google?

Oskar Wilhelm Fischinger, nama lengkapnya, lahir pada 22 Juni 1900 di Jerman. Ia sendiri dikenal sebagai pembuat animasi abstrak, film, dan pelukis.

Namanya menjadi terkenal di kalangan seni karena membuat animasi musikal abstrak beberapa dekade sebelum kemunculan komputer grafis dan video musik, sebagaimana KompasTekno rangkum dari Wikipedia.

"Di dunia desain, Fischinger merupakan sosok yang menjulang tinggi, khususnya di area animasi dan motion graphics," tulis Google perihal doodle hari ini.  

"Dia terkenal dengan kemampuannya mengombinasikan visual abstrak tanpa cela yang disinkron dengan musik, setiap frame secara hati-hati digambar atau difoto dengan tangan," ucap Google.

Oskar Fischinger sendiri terpaksa meninggalkan Jerman pada tahun 1936. Pasalnya, ia tidak bisa mengejar pekerjaan sebagai pembuat film kala itu di negara tersebut.

Akan tetapi, para pegiat film di Hollywood mampu menghargai karyanya. Oleh karena itulah, Oskar Fischinger akhirnya pindah ke AS, tepatnya di Los Angeles, setelah perang usai.

Oskar Fischinger membuat efek untuk film Woman In The Moon pada tahun 1929. Ini merupakan salah satu film sci-fi pertama yang melibatkan roket. Dia membuat lebih dari 50 film pendek dan melukis sekitar 800 lukisan.

Salah satu film animasi abstrak bikinannya yang paling terkenal adalah Motion Painting No. 1 (1947).

Oskar Fischinger meninggal pada usianya yang ke-66 pada 31 Januari 1967.   

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Wikipedia
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com