Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WhatsApp Bakal Bagikan Tanda "Centang"?

Kompas.com - 02/08/2017, 13:03 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber Neowin

KOMPAS.com - WhatsApp sudah memangkas dukungan untuk OS Windows 8.1. Windows 10 Mobile pun jadi satu-satunya sistem operasi ponsel dari Microsoft yang masih bisa memakai software chatting ini.

Meski begitu, fitur bocoran WhatsApp berikutnya justru datang dari versi Windows. Bulan lalu, sebuah update terbaru yang dirilis untuk WhatsApp Beta untuk Windows mengungkap sebuah perubahan menarik. Para pengguna tidak bisa lagi menambahkan tanda "centang" alias checklist di samping foto profil.

Dari sini muncul dugaan bahwa WhatsApp berniat menambah fitur verified user yang biasanya memang ditandai dengan logo checklist atau centang.

Verified user menyatakan bahwa si pemilik akun memang benar orang yang bersangkutan, bukan orang lain yang menyaru sebagai dirinya di internet.

Baca: Inikah Tanda-tanda WhatsApp Mulai Cari Uang?

Update WhatsApp beta terbaru untuk Windows tidak mengizinkan penggunaan tanda centang di samping foto profil pengguna. Tanda centang ini kemungkinan bakal digunakan di masa depan untuk menandai verified account. Neowin Update WhatsApp beta terbaru untuk Windows tidak mengizinkan penggunaan tanda centang di samping foto profil pengguna. Tanda centang ini kemungkinan bakal digunakan di masa depan untuk menandai verified account.
Cara kerjanya mirip dengan mekanisme verified account di sosial macam Twitter yang digunakan untuk menandai akun resmi milik tokoh terkenal.

Bedanya, menurut informasi yang dirangkum KompasTekno dari Neowin, Rabu (2/8/2017), verified account di WhatsApp nantinya hanya bisa digunakan oleh kalangan korporat. WhatsApp memang dikabarkan berniat menjual layanan bisnis untuk para pengguna enterprise, dalam rangka monetisasi.

Calon pelanggan yang disasar WhatsApp antara lain kalangan perbankan dan maskapai penerbangan, yang diharapkan bisa aktif menggunakan WhatsApp untuk berkomunikasi dengan konsumen.

Soal verified account, selain tanda centang, kabarnya WhatsApp akan turut mencantumkan alamat website dan e-mail dari pemilik akun bisnis yang bersangkutan.

Baca: Cara Bikin Huruf di WhatsApp Jadi Tebal dan Miring

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com