Google Ciptakan Chipset Mobile Pertama, Fokus Perbaiki Hasil Kamera - Kompas.com

Google Ciptakan Chipset Mobile Pertama, Fokus Perbaiki Hasil Kamera

Rizky Chandra Septania
Kompas.com - 20/10/2017, 12:40 WIB
Pixel 2, Ponsel besutan Google yang akan di susupi Chipset barugoogle Pixel 2, Ponsel besutan Google yang akan di susupi Chipset baru

KOMPAS.com- Google tampaknya mulai lakukan ekspansi ke ranah hardware. Baru-baru ini, terungkap bahwa Google menciptakan chipset mobile-nya sendiri yang diberi nama Pixel Visual Core.

Chipset ini memiliki ukuran fabrikasi 10 nm, lebih kecil dan sederhana dibandingkan chip terkecil besutan Qualcomm. Chipset mobile pertama Google itu bekerja untuk memaksimalkan kinerja imaging smartphone.

Pixel Visual Core kabarnya akan dipergunakan sebagai 'otak' untuk kamera smartphone baru Google, yakni Pixel 2 dan Pixel 2 XL.

Pixel Visual Core memiliki keunggulan dalam mempercepat kerja kamera serta menyajikan gambar yang lebih baik dan lebih efisien. Dikutip KompasTekno dari The Verge, Jumat (20/10/2017), chipset ini diklaim mampu meningkatkan kinerja high dynamic range (HDR) hingga 5 kali lipat dengan energi yang 10 kali lipat lebih kecil. 

Baca: Ini Spesifikasi Lengkap Google Pixel 2 dan Pixel 2 XL  

Google juga mengatakan bahwa chipset miliknya akan dikembangkan agar dapat mendukung sistem Android Oreo, sehingga tidak akan mengganggu performa ponsel saat terjadi pembaruan sistem.

Meski sudah diumumkan, Pihak Google belum mulai memproduksi massal chipset ini. Kemungkinan, Google masih melakukan optimalisasi sebelum Pixel 2 mulai dipasarkan.

Melihat langkah yang dilakukan oleh raksasa teknologi yang melejit karena mesin pencarinya itu, besar kemungkinan Google akan terus berinovasi guna meningkatkan kemampuan chipset-nya.

Pihak Google sendiri mengatakan bahwa kali ini, mungkin Pixel Visual Core hanya dapat mendukung kinerja visual pada ponsel. Seiring berjalannya waktu, Google berharap untuk mengembangkan perangkat tambahan lebih banyak lagi.

PenulisRizky Chandra Septania
EditorReska K. Nistanto
SumberThe Verge
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM