Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Game Sepak Bola "FIFA" Bakal Tak Dirilis Tiap Tahun

Kompas.com - 10/11/2017, 17:15 WIB
Rizky Chandra Septania

Penulis

Sumber Bloomberg

KOMPAS.com - Electronic Arts (EA) selalu merilis satu seri game simulasi sepak bola FIFA, seperti FIFA 17 dan FIFA 18, setiap tahunnya. Meski begitu, di satu titik di masa yang akan datang, EA bakal berhenti merilis game tersebut secara tahunan.

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh CEO EA Andrew Wilson. Kemungkinan itu diucapkan dalam sebuah wawancara dengan media Bloomberg.

Apakah itu artinya EA akan berhenti merilis game FIFA di masa akan datang? Tentunya, tidak. EA bakal tetap merilis game simulasi seperti ini, hanya saja formatnya yang berbeda.  

Menurut Wilson, publisher game, termasuk EA, bisa saja menyediakan game dengan sistem berlangganan dan cloud. Dengan cara seperti ini, konten dalam game bakal tetap segar dan up-to-date. EA bisa dengan mudah merilis daftar pemain baru setiap jendela transfer dibuka.

Baca juga : FIFA dan EA Gelar Turnamen Piala Dunia Online

"Saat ini lebih mudah bagi kami untuk mendistribusikan game. Mungkin kami tidak perlu lagi meluncurkan game baru tiap tahunnya. Tapi kami bisa memberikan layanan selama 365 hari," ujar Wilson, sebagaimana dikutip KompasTekno dari Bloomberg, Jumat (10/11/2017).

EA memang rajin merilis game simulasi olahraga, seperti FIFA dan Madden NFL, setiap tahunnya. Berselang hanya setiap satu tahun, EA memang harus memutar otak cukup keras untuk menghadirkan fitur dan kemampuan baru. Apalagi, perubahan besar memang kebanyakan terjadi di sisi transfer pemain antar klub.

Di game FIFA sendiri, EA memang banyak berinovasi dalam beberapa tahun belakangan ini. Terjadi perubahan engine dari Ignite ke Frostbite, kemudian hadir juga simulai sepak bola wanita, hingga mode cerita "The Journey". Namun, di satu titik, studio game ini diyakini bakal kehabisan ide segar untuk fitur baru.

EA sendiri belum memberikan jadwal yang pasti kapan menjalankan strategi seperti ini. Namun, melihat masih begitu lakunya game FIFA secara tahunan, langkah ini tampaknya masih lama baru akan terwujud.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com