Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Google Doodle Hari Ini Tampilkan Apa Itu Kimchi?

Kompas.com - 22/11/2017, 07:04 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Halaman utama Google hari ini, Selasa (22/11/2017) menampilkan doodle berupa sayur-sayuran berikut bumbu bahan masakan. Semuanya dirangkai membentuk tulisan Google.

Ketika diklik, pengunjung akan dibawa ke situs hasil pencarian tentang Kimchi. Apa itu Kimchi? Kimchi adalah makanan tradisional Korea yang terdiri atas sayuran yang difermentasi dan diberi bumbu pedas.

Lantas, mengapa Google menampilkan doodle Apa itu Kimchi di halaman utama mereka hari ini. ternyata, pada 22 November 2017 diperingati sebagai Kimchi Day' atau Perayaan Kimchi di Korea.

Menurut tradisi Korea, jika mereka mulai menggarami Kimchi pada hari ini, maka Kimchi buatannya akan memiliki rasa luar biasa.

Laman Wikipedia berbahasa Indonesia menulis Kimchi adalah makanan tradisional Korea, salah satu jenis asinan sayur hasil fermentasi yang diberi bumbu pedas. Setelah digarami dan dicuci, sayuran dicampur dengan bumbu yang dibuat dari udang krill, kecap ikan, bawang putih, jahe dan bubuk cabai merah.

Sayuran yang paling umum dibuat kimchi adalah sawi putih dan lobak. Di zaman dulu, kimchi diucapkan sebagai chim-chae  yang berarti "sayuran yang direndam."

Kimchi pertama kali ditemukan di Korea sekitar 2.600-3.000 tahun yang lalu. Pada Abad ke-18, untuk pertama kalinya Kimchi difermentasi dengan menggunakan bumbu pedas. Karena merupakan resep tradisional, ada ratusan jenis kimchi yang berbeda di berbagai daerah.

Hasil pencarian Google jika meng-klik doodle Kimchi pun akan menampilkan aneka resep dan cara membuat Kimchi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com