Qualcomm Resmikan "Always Connected PC", Laptop Windows 10 seperti Smartphone - Kompas.com

Qualcomm Resmikan "Always Connected PC", Laptop Windows 10 seperti Smartphone

Oik Yusuf
Kompas.com - 06/12/2017, 11:59 WIB
Qualcomm meresmikan kehadiran Always Conneted PC dalam ajang Qualcomm Snapdragon Summit 2017 yang digelar di Maui, Hawaii, Amerika Serikat, Selas (5/12/2017) waktu setempat.Oik Yusuf/KOMPAS.com Qualcomm meresmikan kehadiran Always Conneted PC dalam ajang Qualcomm Snapdragon Summit 2017 yang digelar di Maui, Hawaii, Amerika Serikat, Selas (5/12/2017) waktu setempat.

HAWAII, KOMPAS.com - Setelah sempat memberi kisi-kisi pada ajang Computex 2017 akhir Mei lalu, Qualcomm meresmikan kehadiran Always Connected PC dalam ajang Qualcomm Snapdragon Summit 2017 yang digelar di Maui, Hawaii, Amerika Serikat, Selasa (5/12/2017) waktu setempat.

Always Connected PC merupakan laptop kategori baru yang menggunakan chip Snapdragon 835 buatan Qualcomm dan sistem operasi Windows 10S buatan Microsoft.

Biasanya, laptop Windows 10 menggunakan prosesor Intel dengan arsitektur x86, sementara chip Snapdragon dengan arsitektur ARM biasa dipakai di perangkat mobile seperti smartphone.

Dengan memakai chip Snapdragon di laptop Always Connected PC, pihak Qualcomm menjanjikan pengguna bisa menggabungkan produktivitas PC (Windows) dengan berbagai kelebihan smartphone seperti koneksi internet yang selalu tersambung dan daya tahan baterai mencapai puluhan jam.

Baca juga : Ini Dia, Laptop Pertama yang Menggunakan Prosesor Ponsel

“Daya tahan laptop Always Connected PC mencapai lebih dari 20 jam sehingga bisa mengubah perilaku konsumen. Misalnya, kita tak lagi perlu membawa-bawa kabel charger. Sementara, koneksi gigabit ke internet selalu tersedia,” ujar Executive Vice President Qualcomm, Cristiano Amon, seperti dilaporkan KompasTekno dari lokasi acara peluncuran.

Laptop Always Connected PC dilengkapi dengan slot SIM card/e-SIM dan modem 4G LTE X16 yang tertanam di chip Snapdragon 835 untuk keperluan koneksi ke internet yang terhubung sepanjang waktu.

Qualcomm dan Microsoft adalah dua inisiator Always Connected PC. Sejumlah pabrikan PC tradisional ikut digandeng, termasuk Asus, Lenovo, HP, Samsung, dan juga Xiaomi.

Keuntungan lain dari Always Connected PC mencakup Instant On yang bisa membangunkan laptop dari kondisi standby dengan cepat layaknya smartphone, serta beragam kemungkinan form factor yang dimungkinkan oleh ukuran ringkas SOC Snapdrahon yang hanya sebesar kuku jari.

“Pabrikan Always Connected PC bisa saja membuat produk menarik yang tidak membutuhkan kipas pendingin. Ini akan mengubah ekspektasi Anda tentang PC,” pungkas Amon.

Baca juga : Melihat dari Dekat 2 Laptop Ber-chipset Snapdragon, Asus NovaGo dan HP Envy x2

PenulisOik Yusuf
EditorReza Wahyudi
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM