Ini 10 Momen Paling #RamediTwitter Sepanjang 2017 - Kompas.com

Ini 10 Momen Paling #RamediTwitter Sepanjang 2017

Fatimah Kartini Bohang
Kompas.com - 06/12/2017, 12:28 WIB
Country Head Twitter Indonesia, Novita Jong (kiri) mengungkap topik-topik yang ramai dibahas pengguna Twitter di Indonesia selama tahun 2017, Rabu (6/12/2017) di Jakarta.Fatimah Kartini/Kompas.com Country Head Twitter Indonesia, Novita Jong (kiri) mengungkap topik-topik yang ramai dibahas pengguna Twitter di Indonesia selama tahun 2017, Rabu (6/12/2017) di Jakarta.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjelang akhir 2017, Twitter kembali mengungkap topik-topik yang ramai dibahas selama setahun. Menurut Country Head Twitter Indonesia, Novita Jong, ada peningkatan keberagaman topik di linimasa platform berlogo burung.

"Pengguna yang berbeda tentu punya interest yang berbeda dan semuanya terakomodir di Twitter," kata dia, Rabu (5/12/2017), dalam sebuah konferensi pers di Jakarta.

Selengkapnya, berikut sepuluh topik yang #RamediTwitter sepanjang 2017.

Pertama, "Ramadan" menjadi momen yang paling ramai dibahas di Twitter lewat beberapa tagar seperti #Ramadan, #Puasa, #Sahur, #Ngabuburit, dan lainnya. Tak kurang dari 118 juta kicauan membicarakan hal-hal yang berkaitan dengan bulan suci tersebut.

Kedua, pengguna Twitter paling gencar membahas "Pilkada Serentak 2017" yang dilaksanakan pada 15 Februari lalu. Menurut Novita, ini merupakan esensi dari perayaan demokrasi.

Selama masa Pilkada 2017, para kandidat pun memanfaatkan Twitter untuk menyuarakan visi dan mensosialisasikan program-program yang dicanangkan. Sekitar 11,2 juta kicauan terhimpun dari 1 Januari 2017, di mana satu juta kicauan sendiri dilontarkan pada hari pemilihan 15 Februari 2017.

Ketiga, "HUT RI ke-72" dikicaukan lebih dari 1,1 juta kali dari seluruh penjuru Indonesia. Para pengguna Twitter menyampaikan kritik, harapan, doa, dan rasa bangga atas Indonesia yang sudah merdeka selama 72 tahun.

Keempat, "Pilkada DKI" digadang-gadang sebagai salah satu topik paling hangat dan seru di kancah perpolitikan Tanah Air. Beberapa tagar paling populer menyangkut topik ini adalah #PilkadaDKI, #DKI1, #PilgubDKI, #DebatPilkadaDKI.

Baca juga : Twitter: Ada Bot di Balik Tagar Pilkada DKI 2017

Kelima, "Konser Bangtan Boys (BTS) di Jakarta" juga menjadi topik yang mendominasi linimasa Twitter Indonesia. Ini membuktikan bahwa topik musik dan seni pun tak kalah pamor.

BTS sendiri relatif banyak digemari para millenial. Novita sesumbar pengguna millenial memang aktif berkicau di Twitter, meski ia tak mengumbar jumlah pastinya.

"Generasi milenial lebih terbiasa beropini melalui media sosial. Kami melihat mereka menjadi komponen penting dalam diskusi di Twitter sepanjang tahun ini," ia menuturkan.

Keenam, "Kasus Ahok" menggema sebagai topik paling banyak didiskusikan. Topik tersebut merujuk pada hukuman dua tahun penjara yang dijatuhkan ke mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias "Ahok".

Baca juga : Temuan Mengejutkan Keramaian Twitter di Debat Kedua Cagub DKI

Ketujuh, "Berpulangnya Choirul Huda" ramai menjadi materi bertukar kicauan. Topik itu muncul ketika kiper legendaris Persela Lamongan FC (@PerselaFC) meninggal saat pertandingan melawan Semen Padang. Ucapan belasungkawa berdatangan di linimasa Twitter dari fans, rekan-rekan seprofesi, dan masyarakat pada umumnya.

Kedelapan, "Kasus Korupsi Setya Novanto" menjadi buah bibir di Twitter, menyusul penetapan politisi tersebut sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Dengan berani dan kritis, generasi muda menyampaikan pendapat mereka soal kasus ini melalui berbagai meme yang kreatif dan menggelitik.

Beberapa tagar yang populer menyangkut kasus Setya Novanto adalah #ThePowerofSetnov, #SaveTiangListrik, dan #IndonesiaMencariPapah.

Warga masyarakat berfoto bersama tiang Setnov di bilangan Permata Hijau, Minggu (19/11/2017). TKP kecelakaan Setya Novanto menjadi tempat rekreasi baru warga sekitar lokasiKompas.com/Setyo Adi Warga masyarakat berfoto bersama tiang Setnov di bilangan Permata Hijau, Minggu (19/11/2017). TKP kecelakaan Setya Novanto menjadi tempat rekreasi baru warga sekitar lokasi

"Secara global maupun di Indonesia, hal-hal tentang politisi memang paling ramai dibicarakan. Tapi kalau dilihat lagi, sebenarnya di balik itu adalah topik-topik sosial, misalnya saja tagar #KasusAhok dan #SaveTiangListrik, Novita menjelaskan.

"Sifat Twitter yang real-time menjadikan Twitter sebagai sumber berita juga," kata dia.

Kesembilan, "Pernikahan Raisa - Hamish" membanjiri linimasa Twitter. Mulai dari pertunangan kedua selebritas pada Mei lalu hingga pernikahan mereka pada September 2017, Twitter diramaikan tagar #HariParahHariNasional dan #RaisaHamishSatuAtap.

Kesepuluh, "Pernikahan Kahiyang Ayu - Bobby Nasution" pun tak kalah heboh. Anak perempuan semata wayang Presiden RI Joko Widodo tersebut menjadi perbincangan utama pada November lalu. Beberapa tagar yang menyertai topik ini antara lain #JokowiManut, #BobbyKahiyangWedding, dan #KahiyangBobby.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisFatimah Kartini Bohang
EditorReza Wahyudi

Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM