Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/12/2017, 09:09 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Uber Indonesia membeberkan fakta-fakta menarik seputar perjalanan Uber sepanjang tahun 2017 dalam Year with Uber 2017. Setidaknya ada enam fakta menarik, seperti yang bisa disimak berikut ini.

Pertama, Uber menyebut Jumat adalah hari yang paling populer untuk bepergian menggunakan Uber di Indonesia, baik Uber Car maupun Uber Motor.

"Mereka bersiap-siap untuk menyambut akhir pekan atau liburan," ujar Chan Park, General Manager Uber South East Asia di Jakarta, Rabu (13/12/2017).

Kedua, pukul lima sore menjadi jam tersibuk bagi Uber Indonesia. Di jam ini, perjalanan dengan Uber paling banyak dipesan dalam sehari. Bisa jadi berhubungan dengan berakhirnya jam kantor.

Fakta ketiga, Uber Indonesia mencatatkan perjalanan terbanyak dalam satu hari pada 28 April. Penelusuran KompasTekno, tanggal tersebut adalah sehari sebelum libur panjang Hari Buruh yang diperingati di Indonesia.

Sayangnya, Uber tidak mengumbar datanya lebih lanjut, berapa jumlah perjalanan yang dibuat pada hari itu dan berapa persen peningkatannya.

Uber juga membeberkan ke negara mana saja pengguna Uber bepergian ke luar negeri. Akun mereka kadang juga digunakan untuk memesan transportasi di luar negeri.

Dari data tersebut, Uber mengetahui negara mana saja yang paling sering dikunjungi pengguna Indonesia. Ini menjadikannya sebagai fakta keempat.

Menurut Uber, pengguna di Indonesia paling banyak bepergian ke negara Malaysia, Amerika Serikat, Singapura, Thailand, dan Australia.

Lewat data tersebut, Uber mengetahui bahwa pengguna Uber dari Indonesia telah bepergian ke 574 kota di 80 negara. Ini yang menjadi fakta kelima.

Terakhir, atau fakta keenam. Uber menyebut bahwa ada empat bayi yang lahir di dalam mobil Uber saat dalam perjalanan, satu di antaranya adalah di Indonesia. Selain Indonesia, bayi yang lahir saat perjalanan dengan Uber juga terjadi di Singapura, Malaysia, dan Amerika Serikat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com