Orang Indonesia Lebih Suka Cari Konten Lokal di Internet - Kompas.com

Orang Indonesia Lebih Suka Cari Konten Lokal di Internet

Kompas.com - 14/12/2017, 17:01 WIB
Ilustrasi. Ilustrasi.

JAKARTA, KOMPAS.com - Google telah merilis rangkuman Year in Search 2017 berisi pencarian-pencarian terpopuler di Indonesia sepanjang tahun ini. Daftar tersebut didominasi oleh pencarian konten berbau lokal, mulai dari resep ayam geprek hingga fenomena om telolet om.

Menurut pengamatan pihak Google, warganet Indonesia memang banyak mencari konten lokal melalui search engine miliknya.

“Orang Indonesia benar-benar haus konten dan kreativitas lokal, entah lagu lokal atau film lokal. Saya pikir hal ini akan membantu membuat web menjadi lebih bernuansa lokal,” ujar Managing Director Google Indonesia, Tony Keusgen, di sela acara pengumuman Google Year in Search 2017 di Jakarta, Rabu (13/12/2017).

Tak semua negara demikian getol mencari konten lokalnya sendiri di internet. Products Communications Head Google Indonesia Putri Silalahi mengambil negara tetangga, Singapura, sebagai pembanding.

Berbeda dari di Indonesia, menurut dia  pencarian populer di Negeri Singa cenderung berhubungan dengan topik internasional.

“Mungkin karena mereka berbahasa Inggris. Kalau di Indonesia, semakin lokal semakin viral,” kata Putri.

Ada dua kriteria yang digunakan oleh Google dalam menentukan pencarian terpopuler. Pertama adalah pencarian yang menimbulkan lonjakan sangat tinggi di trafik search engine dalam waktu singkat, misalnya tentang tersangka kasus dugaan korupsi e-KTP, Setya Novanto.

Kriteria kedua adalah pencarian yang konsisten menimbulkan ketertarikan di kalangan netizen sepanjang bulan Januari hingga awal Desember 2017.  Daftar selengkapnya dari pencarian terpopuler di Indonesia tahun ini dalat dilihat di laman google.co.id/2017.

Baca juga : 2017, Orang Indonesia Cari Apa Saja di Google?


PenulisOik Yusuf
EditorReza Wahyudi
Komentar
Close Ads X