Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/12/2017, 17:17 WIB
Oik Yusuf

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Seperti sebelum-sebelumnya, menjelang akhir tahun, Google Indonesia merilis daftar Year in Search 2017 berisi sepuluh pencarian terpopuler di Tanah Air sepanjang tahun 2017.

Year in Search 2017 meliputi pencarian peristiwa, tokoh, atau berita oleh netizen Indonesia yang menciptakan tren penelusuran tertinggi di mesin pencari Google.

“Pencarian-pencarian inilah yang menghasilkan trafik dan rasa penasaran paling besar di kalangan orang Indonesia,” ujar Managing Director Google Indonesia, Tony Keusgen, ketika berbicara dalam acara pengumuman Year in Search 2017 di Jakarta, Rabu (13/12/2017).

Daftar Year in Search 2017 di Indonesia didominasi oleh konten berbau lokal. Di urutan pertama bertengger pencarian terkait lagu Surat Cinta untuk Starla, disusul pencarian tentang film Pengabdi Setan dan Setya Novanto.

Baca juga : 10 YouTuber dengan Penghasilan Tertinggi 2017

Product Communications Head Google Indonesia, Putri Silalhi, menuturkan bahwa ada dua kriteria yang digunakan oleh Google dalam menentukan pencarian terpopuler.

Pertama adalah pencarian yang menimbulkan lonjakan sangat tinggi di trafik search engine dalam waktu singkat, misalnya tentang tersangka kasus dugaan korupsi e-KTP, Setya Novanto.

Kriteria kedua adalah pencarian yang konsisten menimbulkan ketertarikan di kalangan netizen sepanjang Januari hingga awal Desember 2017.  Putri mencontohkan Surat Cinta untuk Starla yang duduk di posisi teratas.

“Pengguna terus-menerus mencari hal yang berkaitan dengan Surat Cinta untuk Starla, baik soal lagunya, liriknya, hingga filmnya,” ujar Putri. Lagu Surat Cinta untuk Starla pertama kali diluncurkan di YouTube, kemudian dipasarkan di media sosial selama 5 bulan.

Daftar pencarian Google terpopuler di Indonesia sepanjang 2017 sebagai berikut:

    1.    Surat Cinta untuk Starla
    2.    Pengabdi Setan
    3.    Setya Novanto
    4.    Pilkada DKI
    5.    SEA Games
    6.    Jokowi Mantu
    7.    Ayam Geprek
    8.    Raja Salman
    9.    Sidang Ahok
    10.    Om Telolet Om

Selain Pencarian Terpopuler, ada delapan kategori lain yang dibagi-bagi berdasarkan tema, yakni Tokoh Terpopuler, Peristiwa Nasional Terpopuler, Selebriti Terpopuler, Lagu Terpopuler, Pencarian “Apa itu...” Terpopuler, Pencarian “Cara Menjadi... Terpopuler, dan Resep Terpopuler.

Daftar selengkapnya dapat dilihat di Google.co.id/2017.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com