Baterai Xiaomi Mi A1 Cepat Penuh setelah Update ke Oreo? - Kompas.com

Baterai Xiaomi Mi A1 Cepat Penuh setelah Update ke Oreo?

Kompas.com - 27/12/2017, 13:48 WIB
Xiaomi Mi A1 resmi diperkenalkan di New Delhi, India, Selasa (5/8/2017).Fatimah Kartini Bohang/Kompas.com Xiaomi Mi A1 resmi diperkenalkan di New Delhi, India, Selasa (5/8/2017).

KOMPAS.com - Mi A1 merupakan smartphone Android One besutan Xiaomi yang meluncur dengan OS Android 7.0 Nougat. Xiaomi menjanjikan Mi A1 bakal segera mendapat Android 8.0 Oreo. Beberapa waktu lalu, Xiaomi mulai menyalurkan update versi beta Android Oreo ke segelintir pengguna Mi A1.

Setelah ditelusuri, belakangan diketahui bahwa Android Oreo versi beta ini ternyata menambahkan “fitur baru”, yakni pengisian baterai cepat alias fast charging ke Mi A1. Fitur itu sebelumnya diketahui absen dari smartphone terkait.

Situs teknologi asal India, Telecomtalk, menguji MI A1 dengan Android Oreo versi beta dan menemukan bahwa waktu pengisian baterai ternyata lebih cepat 30 menit dibanding saat masih memakai OS Android Nougat.

Mi A1 dengan Android Oreo versi beta sanggup mengisi baterai hingga 100 persen penuh dalam waktu 92 menit. Dengan OS Android Nougat sebelumnya, proses charging memakan waktu hingga 2 jam.

Baca juga: Punya Rp 3 Juta, Beli Moto G5S Plus atau Xiaomi Mi A1?

Meski begitu, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Android Authority, Rabu (27/12/2017), perlu ditambahkan bahwa Telecomtalk mengisi baterai Mi A1 dengan memakai Dash Charger yang dicomot dari ponsel OnePlus, bukan charger bawaan Mi A1.

Belum diketahui pula apakah kemampuan “fast charging” ini akan tetap ada di update Android Oreo versi final untuk Mi A1 atau tidak.

Sebagian ponsel Xiaomi dengan chip berbasis Snapdragon (termasuk Mi A1) diketahui memiliki hardware yang diperlukan untuk Quick Charge.

Namun, fitur pengisian baterai cepat itu tidak diaktifkan secara software, mungkin karena Xiaomi tak membayar biaya lisensi Quick Charge ke Qualcomm selaku pemilik teknologinya.  

Xiaomi Mi A1 sendiri merupakan ponsel andalan Xiaomi di segmen menengah yang telah resmi meluncur di Indonesia pada September 2017 lalu.

Layarnya berukuran 5,5 inci, dengan chip Snapdragon 625, RAM 4 GB, storage 64 GB, baterai 3.080 mAh, serta kamera ganda (wide angle dan telephoto) dengan resolusi 12 megapiksel.

Xiaomi menjanjikan update Android Oreo untuk  Mi A1 bakal dirilis pada akhir 2017. Hanya tinggal beberapa hari lagi untuk mewujudkan janji tersebut.


PenulisOik Yusuf
EditorReska K. Nistanto
Komentar
Close Ads X