Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sistem Operasi Apple Seharga Rp 325 Juta Akan Digratiskan

Kompas.com - 31/12/2017, 09:57 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber BBC

KOMPAS.com - Dirilis pada 1983, Apple Lisa adalah salah satu produk komputer pertama yang menjalankan sistem operasi dengan antarmuka grafis (Graphical User Interface) seperti komputer modern.

Dulu Lisa hanya bisa dijajal dengan menebus harga sangat tinggi, yakni 10.000 dollar AS atau setara 24.000 dollar AS (Rp 325 juta) setelah disesuaikan dengan inflasi saat ini. Namun tak lama lagi, source code Apple Lisa akan tersedia secara gratis.

Hal tersebut diketahui dari pengumuman Computer History Museum (CHM) yang menyusun ulang dan menyerahkan source code Lisa ke Apple untuk dievaluasi.

“Setelah itu selesai, CHM akan menulis posting blog tentang maka historis software bersangkutan. Kode yang telah disetujui untuk dirilis oleh Apple akan tersedia pada 2018,” tulis kurator software CHM, AI Kossow.

Screenshot antarmuka grafis sistem operasi Apple Lisa.Mac History Screenshot antarmuka grafis sistem operasi Apple Lisa.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari BBC, Minggu (31/12/2017), belum diketahui kapan persisnya source code Lisa akan dirilis untuk publik.

Pendiri Apple Steve Jobs konon mendapat ide untuk membuat antarmuka OS berbasis grafis setelah melihat sistem Xerox PARC yang telah lebih dulu menerapkan hal tersebut.

Apple lantas mengembangkan Lisa, yang sebutannya diambil dari nama putri Jobs, Lisa Nicole Brennan. Meski dibekali aneka fitur mutakhir untuk masanya seperti GUI, dukungan mouse, dan file system, Lisa gagal di pasaran lantaran harganya yang kelewat mahal.

Pada 1984, Apple kemudian merilis Macintosh yang merupakan penyempurnaan dari Lisa, dengan harga lebih terjangkau pula.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com