Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Bedanya Status "Last Seen" dan "Online" di WhatsApp?

Kompas.com - 13/01/2018, 08:36 WIB
Rizky Chandra Septania

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna WhatsApp tentunya sudah tidak asing lagi dengan status berbunyi "online" dan "last seen" yang biasanya terdapat pada bagian bawah nama kontak. Pernahkah terpikir bahwa kedua status ini memiliki makna yang berbeda?

Menurut keterangan di laman WhatsApp, status "online" menunjukkan bahwa kontak yang dituju tengah membuka aplikasi WhatsApp di foreground dan terhubung ke internet. Artinya WhatsApp benar-benar sedang dalam keadaan berjalan dan tampil di layar ponsel.

Namun, hanya karena sedang "online", tidak berarti kontak yang bersangkutan sudah membaca pesan yang Anda kirim. Mungkin dia sedang membaca pesan-pesan masuk dari orang lain -yang boleh jadi berjumlah sangat banyak- dan belum sempat membuka jendela chat dengan Anda.

Mungkin pula sang kontak sedang menulis jawaban yang agak panjang ke orang lain. Jadi, jangan berprasangka dulu terhadap orang yang tak langsung membaca pesan saat sedang "online" di WhatsApp.

Sementara, sesuai sebutannya, status "last seen" mengacu pada waktu terakhir aplikasi WhatsApp dibuka oleh sang kontak. Sebab itulah status ini selaku diikuti oleh keterangan waktu.

Status "last seen" seorang kontak bisa tidak terlihat karena beberapa sebab. Pertama, kontak tersebut memang menyembunyikan status "last seen" supaya tidak bisa dilihat orang lain. Kedua, Anda menyembunyikan status "last seen" diri sendiri, sehingga tidak bisa melihat status "last seen" orang lain. Ketiga sang kontak tersebut mungkin memblokir Anda.

Ketika diblokir oleh seorang kontak, maka Anda juga tidak akan bisa mengetahui apakah kontak yang bersangkutan sedang "online" atau tidak. Status "online" tidak bisa dimatikan di WhatsApp, kecuali dengan memutus sambungan internet (mobile data) atau melakukan rooting.

Sebaliknya, status "last seen" bisa disembunyikan dengan mudah. Caranya, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Metro, Sabtu (13/1/2018), adalah dengan menjalankan aplikasi WhatsApp, membuka layar menu lewat ikon tiga titik vertikal di sisi kanan atas layar, lalu pilih settings.

Selanjutnya pilih opsi account, buka pilihan privacy, lalu pilih siapa saja yang bisa melihat status "last seen" Anda, apakah semua orang, kontak yang terdaftar saja, atau tidak ditunjukkan ke orang lain sama sekali.

Cara di atas berlaku untuk WhatsApp versi Android. Untuk iOS, langkahnya sedikit lebih ringkas, yakni langsung akses settings, lalu account, kemudian privacy. Seperti yang disebutkan sebelumnya, apabila Anda menyembunyikan status "last seen", maka Anda juga tidak akan bisa melihat status "last seen" orang lain di WhatsApp.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com