Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/01/2018, 10:36 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Firma riset pasar Gartner memperkirakan pasar PC kembali mengalami penurunan selama 2017, sementara estimasi IDC menyebutkan ada sedikit pertumbuhan angka pengapalan pada kuartal IV tahun lalu.

Namun, Gartner dan IDC sepakat mengenai tiga pabrikan PC terbesar pada 2017, yakni Hewlett Packard (HP) di urutan pertama, diikuti Lenovo dan Dell di posisi ke-dua dan ke-tiga secara berturut-turut.

Secara keseluruhan, dalam laporan preliminary yang dirilisnya, IDC mencatat angka pengapalan PC HP mencapai 55,162 juta unit sepanjang 2017 dengan pangsa pasar 21 persen, menggeser Lenovo yang tahun lalu duduk di urutan teratas.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Venture Beat, Rabu (17/1/2018), Lenovo kini berada di posisi ke-2 dengan pengapalan 54,714 juta dan pangsa pasar 20,8 persen. Dell mencatat shipment 39,871 juta dan market share 15,2 persen.

Berikut daftar 6 besar vendor PC dari IDC dan Gartner:

Estimasi firma riset pasar IDC tentang pangsa enam pabrikan terbesar dan pengapalan PC pada 2017. IDC Estimasi firma riset pasar IDC tentang pangsa enam pabrikan terbesar dan pengapalan PC pada 2017.
Estimasi firma riset pasar Gartner mengenai angka pengapalan enam pabrikan PC terbesar sepanjang 2017.Gartner Estimasi firma riset pasar Gartner mengenai angka pengapalan enam pabrikan PC terbesar sepanjang 2017.

IDC menyebutkan, setelah HP, Lenovo, dan Dell, menyusul Apple, Asus, dan Acer di urutan ke-empat, ke-lima, dan ke-enam. Gartner juga mengutarakan hal yang sama dalam estimasinya.

Proyeksi IDC dan Gartner tentang angka pengapalan para pabrikan PC di 2017 relatif mirip. Keduanya sama-sama memperkirakan pengapalan PC di tahun lalu mengalami penurunan, tapi angkanya agak berbeda.

Gartner mencatat penurunan angka pengapalan PC sebesar 2,8 persen dibandingkan 2016. Sementara itu, IDC memperkirakan penurunan shipment yang terjadi hanya sebesar 0,2 persen.

Baca juga : Daftar 5 Besar Merek Smartphone di Indonesia

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com