Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar 5 Besar Merek Smartphone di Indonesia

Kompas.com - 23/11/2017, 08:41 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Lembaga riset IDC merilis laporan pasar smartphone di Indonesia pada kuartal III-2017. Seperti sebelum-sebelumnya, Samsung bercokol di urutan teratas dengan pangsa pasar sebesar 30 persen.

Di bawah Samsung, menyusul Oppo dengan raihan pangsa pasar 25,5 persen. pangsa pasar Oppo mengalami peningkatan dibandingkan kuartal III-2016 yang tercatat sebesar 16,7 persen, juga menurut data IDC.

Sebaliknya, pangsa pasar Samsung di pasaran smartphone tercatat menurun dari 32,2 persen yang tercatat di kuartal yang sama tahun lalu.

Di bawah Oppo, secara berturut-turut menyusul Advan (8,3 persen), Vivo (7,5 persen), dan Xiaomi (5,2 persen) masing-masing di urutan ketiga, keempat, dan kelima.

Lima besar pabrikan smartphone di Indonesia, menurut data lembaga riset pasar IDC untuk kuartal-III 2017.IDC Lima besar pabrikan smartphone di Indonesia, menurut data lembaga riset pasar IDC untuk kuartal-III 2017.

Dengan kata lain, tiga dari lima pabrikan smartphone terbesar di Indonesia sekarang berasal dari China. Pabrikan seperti Lenovo, Smartfren, dan Asus yang masih tertera dalam daftar lima besar Indonesia setahun lalu, kini tak lagi terlihat dalam daftar.

Baca juga : Daftar 5 Smartphone Terpopuler di Dunia Kuartal III-2017

“Vivo dan Xiaomi merupakan vendor berbasis China yang patut dicermati di Indonesia, karena mereka sukses memperbesar pangsa pasar,” sebut IDC dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Kamis (23/11/2017).

Seperti Oppo, Vivo melancarkan strategi pemasaran yang agresif. Sementara, Xiaomi menggelar berbagai kompetisi dengan menambah aktivitas offline retail dan memasang iklan di lokasi-lokasi ramai.

Advan selaku satu-satunya vendor lokal Indonesia dalam daftar 5 pabrikan smartphone terbesar berupaya melakukan diferensiasi dengan mengusung ekosistem IdOS, serta memperkenalkan fitur keamanan Xlocker dan Privacy Protector.

Baca juga : Smartphone Asus, Sempat Meraja Kini Terlempar dari 5 Besar Indonesia

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com