Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WhatsApp Siapkan Stiker Serupa Line dan Facebook Messenger?

Kompas.com - 17/01/2018, 15:14 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber WABetaInfo

KOMPAS.com - WhatsApp bakal segera menghadirkan fitur “Sticker”, serupa dengan layanan chatting lainnya semacam Line dan Facebook Messenger. Fitur itu kabarnya tengah dalam pengembangan dan akan hadir bersamaan dengan pembaruan WhatsApp versi 2.18.12.

Berdasarkan bocoran screenshot yang beredar, salah satu paket stiker yang tersedia bertemakan “Unchi and Rollie”. Stiker ini telah diimplementasikan pada layanan jejaring sosial Facebook maupun layanan khusus chatting Facebook Messenger.

Untuk mengakses paket stiker, pengguna cukup menekan ikon emoji di sisi kiri kolom teks. WhatsApp akan membukakan pilihan keyboard layanannya.

Selama ini cuma ada dua opsi yang bisa dipilih, yakni penyematan emoji atau GIF. Nah, nantinya opsi stiker akan disimbolkan dengan ikon “love”. Letaknya berada di tengah-tengah dua opsi yang sebelumnya sudah ada.

Ketika pertama kali hendak menjajal fitur stiker, pengguna bakal disodorkan pemberitahuan “No Sticker”. Untuk menambahkan paket stiker, pengguna bisa mengunduh melalui store yang tersedia di keyboard WhatsApp.

Screenshot ketersediaan stiker di WhatsApp.WABetaInfo Screenshot ketersediaan stiker di WhatsApp.

Paket stiker itu beragam, modelnya sama dengan yang ada di Facebook. Namun perlu dicatat, fitur ini masih dalam tahap pengembangan lebih lanjut. WhatsApp pun belum secara gamblang mengiyakannya karena segalanya bisa berubah.

Selain ketersediaan stiker, fitur lainnya yang ditemukan dari pembaruan 2.18.12 adalah “Mentions Notification”. Fitur itu akan memberi tahu pengguna ketika ada yang menyebut (mention) namanya pada obrolan grup, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Rabu (17/1/2018), dari WABetaInfo.

Ketika membuka obrolan grup, di sisi kanan antarmuka aplikasi akan ada simbol “@“ beserta bubble hijau yang memperlihatkan berapa kali pengguna di-mention sebelum akhirnya membuka obrolan grup.

Baik “Mentions Notification” maupun “Sticker” belum bisa ditengok karena masih dalam tahap penggodokan. Kita tunggu saja hingga versi publiknya diluncurkan.

Baca juga : 10 Fitur Tersembunyi WhatsApp yang Wajib Diketahui

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber WABetaInfo

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com