Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Hapus 700.000 Aplikasi dari Play Store Sepanjang 2017

Kompas.com - 31/01/2018, 11:44 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Lebih dari 700.000 aplikasi Android disapu bersih dari Google Play Store sepanjang 2017. Angka itu meningkat 70 persen ketimbang aplikasi yang dihapus pada 2016.

Google tak mengumbar berapa total aplikasi yang tersedia di Play Store saat ini. Menurut analis pihak ketiga, Play Store menyimpan 2,6 juta aplikasi pada Desember 2016 dan 3,5 juta aplikasi pada tahun selanjutnya.

Ada beberapa indikator yang membuat Google menghapus aplikasi dari toko Android-nya. Pertama, aplikasi itu merupakan hasil contekan alias copycat dari yang sudah ada sebelumnya.

“Google menghapus lebih dari 250.000 aplikasi copycat,” begitu kata pewakilan Google.

Kedua, aplikasi itu memiliki konten bermuatan pornografi, kekerasan yang ekstrim, kebencian, serta berkaitan dengan aktivitas-aktivitas ilegal. Sepanjang 2017, ada puluhan ribu aplikasi negatif yang diusir dari Play Store.

Ketiga, aplikasi itu berbahaya Misalnya saja menyisipkan malware, mengundang SMS penipuan, berlaku sebagai trojan, atau mencuri informasi-informasi personal pengguna, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Rabu (31/1/2018), dari VentureBeat.

Android merupakan sistem operasi paling dominan saat ini. Tak heran Play Store-nya menjadi target serangan cyber paling banyak. Google pun tak menyerah untuk memberantas aplikasi-aplikasi berbahaya dari Play Store melalui program-programnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com