Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sudah 2 Hari, Sejumlah Area Masih Keluhkan Internet XL

Kompas.com - 26/03/2018, 14:32 WIB
Yudha Pratomo,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Twitter


KOMPAS.com — Sejak Sabtu (24/3/2018), pengguna operator seluler XL mengeluhkan jaringan internet yang bermasalah. Hingga Senin (26/3/2018) siang hari ini, keluhan tersebut dilaporkan masih terjadi di beberapa area dan membanjiri linimasa Twitter.

Artinya, sudah dua hari jaringan internet XL di sejumlah wilayah bermasalah. Berdasar pantauan KompasTekno, masalah koneksi internet seluler XL memang masih terjadi di beberapa wilayah termasuk Jakarta. Sejumlah pengguna melaporkan keluhan tersebut lewat Twitter ditujukan pada akun @mXL dan @myXLcare.

"Ini error mulu, di Bekasi, Jakarta sama saja. Giliran diprotes jawabannya template, cuma minta maaf gangguan. Ga ada jawaban yang lebih solutif?" tulis Luthfia Rizki salah satu pengguna XL di Twitter.

Beberapa pengguna yang melaporkan masalah internet XL ini berasal dari Jakarta, Bekasi, Bandung, Purwokerto, Yogyakarta, hingga Makassar.

"Di Makassar masih error jaringannya, kadang mau kadang ngga. Sekarang pun masih error dan sekarang saya lagi pakai wifi @myXLCare," tulis akun Twitter @Aldhotndbr.

Masalah jaringan ini pun sepertinya terjadi pada semua jenis nomor, bahkan pengguna kartu XL Prioritas pun melaporkan kendala hal serupa saat menggunakan internet.

"@myXL lagi gangguan lagi? Internet saya tidak bisa digunakan padahal XL Prioritas, masa sampai tethering punya @Telkomsel," ungkap Indra lewat akun twitternya.

Menanggapi keluhan ini, Head of External Communications PT XL Axiata Henry Wijayanto memberikan penjelasan terkait kondisi jaringan XL pada Senin (26/3/2018) siang.

Baca juga: Internet XL Dilaporkan Bermasalah Sejak Sabtu Pagi

"Sejak kemarin hingga saat ini kami terus melakukan penanganan dan layanan secara bertahap telah mulai berangsur normal sejak tadi malam dan kami juga terus berupaya untuk memastikan kenyamanan pelanggan dapat tetap terjaga dengan baik," ungkap Henry melalui pesan singkat kepada KompasTekno.

Sepertinya masalah koneksi internet ini terjadi secara random pada nomor dan wilayah tertentu. Pasalnya, ada beberapa pengguna yang melaporkan masalah koneksi internet ini sudah berangsur normal sejak hari Minggu (25/3/2018) kemarin.

"Kami menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang dialami pelanggan dalam menggunakan layanan XL Axiata karena telah terjadi kendala teknis pada jaringan yang berdampak pada layanan di sejumlah kecil area," tambah Henry.

Layanan seluler XL memang dilaporkan tak mati sepenuhnya. Beberapa pengguna melaporkan masih bisa melakukan panggilan telepon dan SMS. Hanya masalah koneksi internet saja tidak stabil dan cenderung melambat.

Beberapa pengguna mengaku telah melakukan beberapa upaya untuk mencoba jaringan internet mereka seperti dengan me-restart perangkat serta paket data. Namun, hasilnya tetap sama, koneksi internet tetap bermasalah dan "byar-pet".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com