Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Maps Kini Dukung Bahasa Indonesia di Aplikasi

Kompas.com - 28/03/2018, 12:47 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Google Maps memperbarui layanannya dengan menyediakan setelan bahasa Indonesia. Selain bahasa Indonesia, ada 38 bahasa lain yang juga ditambahkan Google.

Pilihan bahasa Indonesia di Google Maps ini hadir di aplikasi mobile dan desktop (browser), untuk platform Android dan iOS, Mac, dan Windows. Pembaruan disebar secara bertahap mulai hari ini, Rabu (28/3/2018).

Sebelumnya, Google Maps memang sudah bisa menampilkan menu dalam bahasa Indonesia. Namun menu itu bukan dari aplikasi. Pengguna harus harus memilih bahasa Indonesia di sisi perangkat yang digunakan, bukan di aplikasi.

Di blog resminya, Google tidak menjelaskan dari mana setting bahasa ini bisa diakses di aplikasinya.

Baca juga: Begini Cara Pakai Rute Khusus Sepeda Motor di Google Maps

Kemungkinan, menu pilihan bahasa akan ditampilkan di bagian menu samping. Pengguna bisa mengaksesnya lewat ikon tiga garis di pojok kiri atas. Untuk pengguna desktop, menu bahasa sudah muncul, bisa diakses dengan cara yang sama.

Selain bahasa Indonesia, bahasa baru lain yang ditambahkan ke Google Maps adalah Afrika, Albania, Amharic, Armenia, Azerbaijan, Bosnia, Burma, Kroasia, Czech, Denmark, Estonia, Tagalog, FInlandia, Georgia, Hebrew, Islandia, Kazakhtan, Khmer, Kyrgyz, Lao, Latvia, Lituania, Makedonia, Melayu, mongolia, Norwegia, persia, Rumania, Serbia, Slovak, Slovenia, Swahili, Swedia, Turki, Ukraina, Uzbekistan, Vietnam, dan Zulu.

Menurut Google, semua bahasa baru yang ditambahkan itu adalah bahasa yang digunakan sekitar 1,25 miliar orang di dunia.

Pemilihannya pun didasarkan pada populasi penutur bahasa yang padat di suatu benua atau negara. Swahili misalnya, digunakan oleh delapan persen populasi di benua Afrika.

Dilansir KompasTekno dari blog Google, Rabu (28/3/2018), Google mengklaim lebih dari satu miliar orang di dunia saat ini menggunakan Google Maps untuk menavigasi tempat baru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com