Begini Cara Pakai Rute Khusus Sepeda Motor di Google Maps

Kompas.com - 21/03/2018, 19:34 WIB
ilustrasi penggunaan Google Maps JUSTIN SULLIVANilustrasi penggunaan Google Maps
Penulis Oik Yusuf
|

KOMPAS.com — Google Maps menambahkan serangkaian anyar bagi para pengguna di Indonesia, salah satunya berupa penunjuk jalan (direction) khusus untuk sepeda motor.

Cara untuk mendapatkan rute navigasi untuk kendaraan roda dua ini mudah saja. Pertama-tama, pastikan Anda sudah menggunakan Google Maps Versi terbaru (9.73) dari toko aplikasi Android Google Play Store.

Lalu, buka aplikasi Google Maps seperti biasa, lalu tentukan tujuan di peta dan minta petunjuk arah (direction). Google Maps kemudian akan menampilkan petunjuk arah.

Nah, di bagian pilihan moda transportasi di sisi atas layar akan ada ikon baru bergambar sepeda motor. Klik ikon baru ini untuk mendapatkan rute untuk kendaraan roda dua.

Apa bedanya dengan rute untuk mobil? Product Marketing Manager Google Indonesia Sasha Sunu mengungkapkan, khusus rute untuk sepeda motor, Google Maps akan ikut menyertakan rute berisi jalan-jalan pintas berukuran kecil (jalan tikus) yang hanya bisa dilalui kendaraan roda dua.

Selain itu, Google Maps tidak akan menyertakan jalur melewati jalan tol yang hanya bisa dilalui oleh kendaraan roda empat. Perkiraan waktu tempuh juga diklaim lebih akurat sesuai dengan rute dan sifat sepeda motor yang bisa meliuk-liuk di tengah kemacetan.

Tampilan rute khusus sepeda motor di Google Maps versi terbaru. KOMPAS.com/ OIK YUSUF Tampilan rute khusus sepeda motor di Google Maps versi terbaru.

“Di bagian detail navigasi, patokan (landmark) yang mudah diingat akan ditandai dengan huruf ‘i’ dalam lingkaran biru untuk mempermudah pengendara sepeda motor dalam mengenali rute dan mengingat jalur yang dilalui,” kata Sasha saat berbicara dalam acara Google Maps Update di Jakarta, Selasa (20/3/2018).

Pihak Google mengatakan, rute navigasi khusus sepeda motor adalah satu fitur yang paling banyak diminta oleh para pengguna di Indonesia.

Maklumlah, jumlah pengendara sepeda motor di jalanan Indonesia tujuh kali lebih banyak dibandingkan mobil berdasarkan data Statistik Transportasi Jakarta tahun 2016 dari Badan Pusat Statistik Jakarta.

Selain pengguna umum, fitur navigasi khusus kendaraan roda dua di Google Maps ini diharapkan bisa membantu para pengemudi ojek online yang sering kali berlalu-lalang di jalanan dan membutuhkan navigasi GPS.

Opsi rute sepeda motor di Google Maps akan bisa digunakan di seluruh Indonesia, terutama kota-kota padat lalu lintas seperti Jakarta, Surabaya, dan Medan. Sayangnya, baru platform Android yang mendapat fitur ini. Pihak Google belum menerangkan kapan platform iOS bakal ikut kebagian.

Baca juga: Membandingkan Google Maps dengan Waze, Mana Lebih Baik?



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X