Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Maps Kini Sediakan Penunjuk Arah Khusus Sepeda Motor

Kompas.com - 20/03/2018, 15:26 WIB
Oik Yusuf,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comGoogle Maps selama ini menunjukkan penunjuk arah untuk beberapa moda transportasi, yakni mobil pribadi, transportasi umum, dan penjalan kaki, namun tak ada arahan untuk pengendara sepeda motor.

Keadaaan tersebut diubah melalui update terbaru aplikasi Google Maps untuk Android yang sudah mulai tersedia di toko aplikasi Google Play Store. Para pengendara sepeda motor kini bisa mendapatkan petunjuk ke tempat tujuan yang dirancang khusus untuk mereka.

Apa bedanya dengan rute untuk mobil? Product Marketing Manager Google Indonesia Sasha Sunu mengungkapkan, khusus rute untuk sepeda motor, Google Maps akan ikut menyertakan rute berisi jalan-jalan pintas berukuran kecil yang hanya bisa dilalui kendaraan roda dua.

Selain itu, Google Maps juga tidak akan menyertakan jalur melewati jalan tol yang hanya bisa dilalui oleh kendaraan roda empat.

“Jadi, akan diberikan opsi jalan-jalan kecil, jalan tikus. Perkiraan waktu tempuhnya juga disesesuaikan karena pengendara motor bisa selap-selip sehingga kerap lebih cepat sampai dibandingkan mobil,” ujar Sasha ketika berbicara dalam acara Google Maps Update di Jakarta, Selasa (20/3/2018).

Cara mendapatkan rute sepeda motor

Untuk mulai menggunakan rute khusus sepeda motor di Google Maps ini, caranya mudah saja, yakni cukup dengan mengunduh aplikasi Google Maps versi 9.73 (16 Maret 2018) di toko aplikasi Play Store.

Setelah memasang update, buka aplikasi Google Maps seperti biasa, lalu tentukan tujuan di peta dan minta petunjuk arah (direction). Google Maps kemudian akan menampilkan petunjuk arah.

Nah, di bagian pilihan moda transportasi di sisi atas layar akan ada ikon baru bergambar sepeda motor. Klik ikon baru ini untuk mendapatkan rute untuk kendaraan roda dua.

“Di bagian detail navigasi, patokan (landmark) yang mudah diingat akan ditandai dengan huruf ‘i’ dalam lingkaran biru, untuk mempermudah pengendara sepeda motor dalam mengenali rute dan mengingat jalur yang dilalui,” lanjut Sasha.

Opsi rute sepeda motor di Google Maps akan bisa digunakan di seluruh Indonesia, terutama kota-kota padat lalu lintas seperti Jakarta, Surabaya, dan Medan. Sayangnya, baru platform Android yang mendapat fitur ini. Pihak Google belum menerangkan kapan platform iOS bakal ikut kebagian.

Untuk ojek "online"

Menurut Google, rute navigasi khusus sepeda motor adalah fitur yang paling banyak diminta oleh para pengguna di Indonesia. Maklumlah, jumlah pengendara sepeda motor di jalanan Indonesia 7 kali lebih banyak dibandingkan mobil, berdasarkan data Statistik Transportasi Jakarta tahun 2016 dari Badan Pusat Statistik Jakarta.

Selain pengguna umum, fitur navigasi khusus kendaraan roda dua di Google Maps ini diharapkan bisa membantu para driver ojek online yang seringkali berlalu-lalang di jalanan dan membutuhkan navigasi mumpuni.

“Dulu, berdasarkan percakapan kami dengan ratusan pengedara motor di Jakarta, mereka sering menggabungkan rute navigasi mobil dan pejalan kaki. Ini tidak akurat dan bisa jadi malah berbahaya,” kata Group Product Manager Google Maps, Krish Vitaldevara.

Dia menuturkan, Google mengerjakan rute khusus sepeda motor untuk pengguna Maps di Indonesia selama 4 bulan.

Sepanjang periode itu, untuk kepentingan navigasi roda dua, Googel menambahkan 29.000 rute jalan kecil yang bisa dilalui sepeda motor, 3.000 km jalan baru, dan 10.000 segmen jalan yang hanya bisa dilalui mobil (tol).

Google juga berencana memperbarui API Maps yang digunakan di aplikasi perusahaan-perusahaan ojek online, sehingga lebih akurat dan up-to-date dengan fitur-fitur terkini. Dengan demikian, diharapkan para mitra driver ojek tak lagi perlu bolak balik membuka aplikasi driver untuk mendapat order dan Google Maps untuk navigasi ke tujuan. 

Baca juga : Google Maps Kini Bisa Dipakai Hindari Jalur Ganjil-Genap

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com