Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Xiaomi Mi 8X Bakal Jadi Perpaduan Tiga Ponsel?

Kompas.com - 08/08/2018, 16:56 WIB
Yudha Pratomo,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

Sumber Gizmochina

KOMPAS.com - Xiaomi Mi 8 SE yang dirilis pada akhir Mei lalu menjadi ponsel pertama yang menggunakan prosesor Snapdragon 710. Kini kabarnya Xiaomi berencana kembali menggunakan prosesor anyar tersebut untuk perangkat kelas atas berikutnya.

Perangkat yang dimaksud kemungkinan besar adalah Mi 8X. Ponsel ini dirilis untuk melengkapi tiga seri flagship yang sebelumnya telah diperkenalkan, yakni Mi 8, Mi 8 Explorer Edition, dan Mi 8 SE.

Uniknya, Mi 8X ini dikabarkan bakal mengusung spesifikasi yang merupakan perpaduan dari tiga seri Mi 8 sebelumnya.

Wajah Xiaomi Mi 8X sendiri terungkap di media sosial asal China, Weibo. Pada foto tersebut terlihat Mi 8X menggunakan casing dengan bahan mengkilat yang menyerupai kaca.

Selain itu CEO Xiaomi, Lei Jun juga kedapatan tengah memegang sebuah perangkat yang diduga kuat adalah Mi 8X, seperti dikutip KompasTekno dari Gizmochina, Rabu (8/8/2018). Orang nomor satu Xiaomi terekam kamera penumpang pesawat saat berada dalam sebuah penerbangan.

CEO Xiaomi, Lei Jun kedapatan memegang perangkat yang diduga adalah Mi 8XGSM Arena CEO Xiaomi, Lei Jun kedapatan memegang perangkat yang diduga adalah Mi 8X
Dari sisi tampilan, Mi 8X dikabarkan akan memiliki ukuran yang sama dengan Mi 8. Ponsel ini juga akan mengusung layar dengan ukuran serupa yakni 6,2 inci di mana sisi kanan dan kirinya sangat tipis.

Kemudian dari sisi keamanan, Mi 8X diprediksi bakal memiliki sensor sidik jari alias fingerprint yang tertanam di dalam layar, serupa yang dimiliki Mi 8 Explorer Edition.

Dugaan ini muncul karena pada bocoran gambar yang beredar, tidak ada sensor sidik jari pada bagian belakang ponsel. Sehingga besar kemungkinan sensor ini akan diletakkan pada bagian layar.

Soal prosesor, pada awal tahun 2018 ini tersiar kabar bahwa Xiaomi tengah menyiapkan dua ponsel dengan nama kode Sirius dan Comet sebagai ponsel pertama yang menggunakan prosesor Snapdragon 710.

Baca juga: Inikah Tampang dan Spesifikasi Ponsel Xiaomi Pocophone?

Jika kabar tersebut benar, setidaknya ada satu lagi perangkat Snapdragon 710 yang tengah disiapkan Xiaomi dan kemungkinan besar perangkat tersebut adalah Mi 8X.

Kendati demikian ponsel ini dikabarkan belum dibekali dengan Android P, melainkan akan mengusung Android 8.1 Oreo dengan kapasitas baterai 3000 mAh. Meski ponsel ini mendukung dual SIM dan IR blaster, sayangnya dari bocoran yang beredar ponsel ini tidak memiliki slot MicroSD dan tidak akan membawa dukungan untuk NFC.

Sejauh ini masih sangat sedikit bocoran yang beredar soal Mi 8X ini. Xiaomi pun tutup mulut terkait keberadaan perangkat Mi 8X ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com