Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ponsel Android Bisa Dioperasikan dengan Suara

Kompas.com - 04/10/2018, 13:05 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Slash Gear

KOMPAS.com - Google baru saja merilis aplikasi Voice Access. Sesuai namanya, aplikasi ini memungkinkan pengguna ponsel Android untuk bisa mengontrol perangkatnya dengan perintah suara.

Dari penjelasan Google, perintah suara yang didukung oleh Voice Access sama dengan perintah suara yang didukung speaker pintar Google Home.

Layanan ini diluncurkan Google untuk mempermudah pengguna ponsel Android yang memiliki keterbatasan, misal tidak bisa mengoperasikan ponsel dengan tangan atau jari.

Beberapa tugas yang bisa dilakukan Voice Access misalnya membuat pesan, berbicara ke Google Assistant, menyalakan sambungan WiFi, dan membuka aplikasi.

Saat pengguna meminta Voice Access untuk membuka aplikasi tertentu, Google akan membuka aplikasi yang diminta, lalu Voice Access akan menjalankannya.

Setelah aplilkasi terbuka, akan muncul opsi tambahan. Opsi tersebut bisa memerintahkan Voice Access untuk kembali ke layar Home dengan mengucap "Go Home" atau terus menggulir layar dengan perintah "Scroll Forward".

Baca juga: Ini Dia, Asisten Virtual Berbasis Suara Favorit Pengguna Kantoran

Untuk membuka aplikasi, terdapat nomor yang tertera di sebelah ikon untuk memudahkan perintah.

Misalnya, mengucapkan "9" untuk memilih item buka aplikasi "Hangs Out", yang dibubuhi angka "9" di sebelahnya. Maka, Voice Access akan membuka aplikasi "Hangs Out" sesuai perintah yang diterima.

Sehingga, pengguna bisa memilih untuk mengucapkan perintah dengan menyebut nama aplikasinya, atau hanya menyebutkan nomor.

Selain itu, Voice Access juga bisa diperintah untuk menutup aplikasi, menghapus kesalahan di perangkat, dan perintah lain yang biasanya membutuhkan sentuhan jari untuk pengoperasiannya.

Sayangnya, Voice Access ini baru mendukung format Bahasa Inggris saja, sebagaimana KompasTekno dari SlashGear, Kamis (4/10/2018). Namun, Google berencana untuk menambah bahasa lain ke depannya.

Aplikasi ini bisa diunduh langsung pengguna smartphone Android melalui toko aplikasi Google Play di tautan berikut.

Untuk melihat bagaimana cara menggunakan Google Voice Access selengkapnya, bisa disaksikan melalui video tutorial berikut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com